Mendag Pastikan Harga dan Stok Kepokmas Aman

Jum'at, 20 Desember 2019 - 11:11 WIB
Mendag Pastikan Harga dan Stok Kepokmas Aman
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto beserta pejabat lainnya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Kosambi, Jalan A Yani, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Kosambi, Jalan A Yani, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019). Sidak dilakukan untuk memastikan stabilitas harga dan pasokan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Ikut serta pada sidak tersebut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi, para kepala dinas, dan pejabat lainnya.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, sidak ke Pasar Kosambi untuk melihat harga dan pasokan Kepokmas jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Memang ada sedikit kenaikan, tapi kami akan koordinasikan dengan supplier dan distributor untuk memastikan suplainya. Terutama jelang Natal dan Tahun Baru ini," kata Mendag.

Menurut dia, kenaikan kepokmas terutama terjadi pada komoditi telur, bawang merah, dan ayam. Harga bawang merah tercatat mencapai Rp48.000 per kg dan ayam potong Rp35.000/kg. Sementara, harga daging sapi terpantau stabil di Rp125.000/kg. Begitu juga sayur mayur.

Dia mengakui, kenaikan beberapa komoditi diakibatkan naiknya permintaan. Selain itu, kondisi cuaca yang masuk musim hujan turut mempengaruhi kenaikan harga.

Kendati begitu, pihaknya tetap harus melakukan langkah antisipasi. Jangan sampai dalam beberapa minggu ke depan, terjadi lonjakan akibat kekurangan suplai atau permainan harga.

"Pasokan cukup, tapi kami akan tambah. Asosiasi akan kami akan hubungi, untuk menambah pasokan. Supaya suplai lancar. Kami akan lakukan penyesuaian," katanya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyebutkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan selaku pengambil kebijakan untuk memastikan agar harga kepokmas di Jabar stabil. "Kalaupun ada kenaikan, kami akan lakukan OP (operasi pasar), seperti beras koordinasi dengan Bulog."

Pedagang Pasar Kosambi Ai mengaku, kenaikan bawang merah terjadi sejak dua pekan terakhir. Harga bawang merah terus naik dari Rp22.000 menjadi Rp48.000/kg. Begitu juga cabai merah keriting dari Rp20.000/kg menjadi Rp30.000/kg.

"Kalau untuk sayur dan bumbu nggak ada yang naik tinggi. Paling cuman Rp1.000 atau 2.000. Cuman bawang merah sama cabai aja merah aja," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7927 seconds (0.1#10.140)