Emil Jaring Investor UEA Tanamkan Investasi di Segitiga Rebana

Kamis, 19 Desember 2019 - 22:46 WIB
Emil Jaring Investor UEA Tanamkan Investasi di Segitiga Rebana
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan rombongan memaparkan peluang investasi di kawasan Rebana kepada Jebel Ali Free Zone Authority (JAFZA) dan Trustworthy.ae, Dubai, Senin, 16 Desember 2019 waktu setempat. Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus menindaklanjuti minat investasi para pengusaha di Uni Emirat Arab (UEA) untuk berinvestasi di kawasan Segitiga Rebana yang meliputi Patimban, Kertajati, dan Cirebon.

Dalam roadshow yang digelar di Dubai, UEA, Gubernur yang akrab disapa Emil itu menjaring para investor untuk berinvestasi di kawasan yang bakal menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di utara Provinsi Jabar itu.

Dalam roadshow yang digelar Senin 16 Desember 2019 waktu setempat, Emil mengaku optimistis, Rebana bakal menjadi satu-satunya kunci agar perekonomian Jabar bisa tumbuh cepat hingga 9 persen.

"Untuk itu, kemana pun saya pergi, yang pertama saya tawarkan sebagai Gubernur Jawa Barat pada investor adalah Kawasan Rebana ini," kata Emil dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (18/12/2019).

Keseriusan menjajakan Rebana diperlihatkan Emil saat menemui sejumlah perusahaan pengembang besar Dubai, seperti DP World, RW Amstrong, Trustworthy, hingga Al Khoory Grup. Emil menjajakan kesempatan untuk mengembangkan kota baru di kawasan Rebana.

Menurut Emil, Dubai sebagai kota kedua di UEA setelah Abu Dhabi memiliki karakter yang hampir sama dengan Rebana. Karena itu, Emil menilai, keputusan mengajak para pengembang kelas internasional Dubai untuk turut mengembangkan Rebana tepat.

Emil juga mengatakan, Dubai merupakan contoh ideal untuk pengembangan Rebana. Bukan hanya kawasan yang menjadi tempat berhimpunnya industri, namun juga mampu menonjolkan aspek pariwisata.

"Kami ingin membangun kota yang bukan saja pusat industri, tapi juga bisa menarik wisatawan. Sama seperti Dubai, kita bisa melihat begitu banyak kawasan industri lengkap dengan logistiknya, tapi pada saat yang sama tetap memiliki daya tarik wisata yang tinggi," jelasnya.

Pada kunjungannya ke Dubai, Emil tidak sendiri menyambangi investor, tapi membawa serta Ketua DPRD Jabar dan Ketua Kadin Jabar untuk memperlihatkan kesiapan Jabar dalam menyambut investor asal Dubai.

Sementara itu, Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya akan membantu kemudahan bagi investor dari sisi regulasi.

"Kalau bagi saya sebagai Ketua DPRD, sumpahnya kan jelas untuk memakmurkan rakyat Jawa Barat. Jadi, upaya menarik investasi ini kan tujuan utamanya untuk memutar perekonomian dan akhirnya rakyat juga yang Makmur. Nah, jika diperlukan, DPRD bisa saja membantu dari segi regulasi misalnya," tuturnya.

Segitiga Rebana merupakan kawasan segitiga yang diapit Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Kertajati di Majalengka, dan jaringan kereta api di Cirebon. Kawasan ini juga dilintasi jalur Tol Trans Jawa.

Kawasan ini memiliki wilayah yang luas terdiri dari Kabupaten Cirebon dengan luas 1.072,29 km persegi, Kabupaten Subang 2.051,76 km persegi, dan Kabupaten Majalengka 1.204,24 km persegi. Jika digabungkan, total luas Segitiga Rebana mencapai 4.328,29 km persegi.

Diketahui, sebelum menggelar roadshow di Dubai, Emil mendampingi Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan dalam lawatan dinasnya ke Abu Dhabi, UEA. Emil pun memanfaatkan momentum ini untuk menarik investasi di sektor energi, industri, pertanian, properti, dan pariwisata ke Jabar.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1587 seconds (0.1#10.140)