Pesona Air Mancur Sri Baduga Diprediksi Sedot 500.000 Pengunjung

Kamis, 19 Desember 2019 - 10:42 WIB
Pesona Air Mancur Sri Baduga Diprediksi Sedot 500.000 Pengunjung
Air Mancur Sri Baduga di Situ Buleud Purwakarta masih menjadi andalan Purwakarta untuk menyedot wisatawan luar daerah dan mancanegara. Foto/Diskominfo Purwakarta
A A A
PURWAKARTA - Sekitar 500.000 pengunjung dari luar daerah diprediksi akan datang ke Purwakarta untuk menyaksikan kembali atraksi Air Mancur Sri Baduga di Malam Tahun Baru 2020. Jumlah tersebut belum ditambah dengan warga lokal yang hendak merayakan pergantian tahun di sekitaran Situ Buleud sebagai lokasi air mancur tersebut.

Sebelumnya, Air Mancur Sri Baduga terpaksa harus berhenti beroperasi selama lima bulan terakhir lantaran kurangnya debit air Situ Buleud akibat kemarau panjang. Pihak pengelola pun memanfaatkan waktu lima bulan itu untuk pemeliharaan.

Menurut Sekretaris DInas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta Saat ini, Heri Anwar, saat ini Air Mancur Sri Baduga sudah siap menyambut para pengunjung yang datang. Bahkan, pada 28 Desember 2019 ini akan dilakukan persiapan awal dengan uji coba pengoperasian air mancur tersebut.

"Pengoperasiannya bertepatan akan kami laksanakan pada akhir pekan depan. Hal itu sengaja dilakukan sebagai persiapan menyambut Tahun Baru 2020. Kami ingin pengoperasian air mancur itu berjalan maksimal," ungkap Heri kepada SINDOnews, Kamis (19/12/2019).

Tentang target pengunjung di Malam Tahun Baru 2020, Heri mengatakan, jumlahnya tidak akan kurang dari angka 500.000 orang, Hal itu didasari pada pengalaman tahun sebelumnya. Pengunjung selalu melonjak saat adanya momentum Natal dan Tahun Baru.

Jumlah pengunjung sebanyak itu baginya perlu diantisipasi dengan menyediakan kantong-kantong parkir kendaraan serta mudahnya akses masuk. "Terpenting bagaimana agar pengunjung merasa nyaman dan kerasan di Purwakarta," ujar dia.

Selain atraksi air mancur, di sekitar Situ Buleud pun bakal digelar Pameran UMKM yang bekerja sama dengan dinas terkait. "Yang pasti, kami menawarkan sensasi bagi pengunjung yang merayakan Tahun Baru di Purwakarta," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.9085 seconds (0.1#10.140)