Pasokan Langka, Harga Komoditas di Pasar Johar Karawang Naik Jelang Nataru

Rabu, 18 Desember 2019 - 18:50 WIB
Pasokan Langka, Harga Komoditas di Pasar Johar Karawang Naik Jelang Nataru
Ketua Satgas Pangan Karawang Kompol Ryky Muharam bersama Plt Dinas Pedagangan Karawang Rakhmat Gunadi mengecek harga sembako. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kabupaten Karawang mengalami kenaikan.

Kenaikan harga itu terjadi akibat kelangkaan sejumlah komoditas dari sentra produksi. Kondisi itu menyebabkan pedagang terpaksa menaikkan harga. Jika terus dibiarkan, kenaikan harga dipastikan semakin melambung tinggi.

"Kami akan selidiki terlebih dulu penyebab kelangkaan ini. Apakah karena ada penimbunan atau masalah lain. Berdasarkan pengakuan pedagang, kenaikan harga ini disebabkan karena kelangkaan dari sentra produksi. Kami akan cek kebenarannya ke sentra produksi," kata Ketua Satgas Pangan Karawang Kompol Ryky Muharam bersama Tim Satgas Pangan saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Johar, Rabu (18/12/2019).

Ryky yang juga menjabat Wakapolres Karawang ini mengemukakan, Polres Karawang akan menindak tegas pelaku jika ditemukan bukti ada praktik penimbunan yang menyebabkan harga sejumlah komoditas naik.

Namun, dia belum berani menyimpulkan jika kenaikan harga sejumlah komoditas di pasar Karawang karena penimbunan. "Kami masih selidiki penyebab kenaikan harga menjelang Natal dan Tahun Baru ini," ujar dia.

Berdasarkan pantauan, kenaikan harga terjadi pada sejumlah komoditas seperti telur, bawang merah, cabai rawit merah. Harga telur yang sebelumnya Rp22 ribu menjadi Rp26 ribu, cabai rawit merah Rp25 ribu menjadi Rp35 ribu.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas bawang merah dari Rp25 ribu menjadi Rp35 ribu. Meski mengalami kenaikan namun para pedagang mengaku belum mengganggu pendapatan mereka.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0599 seconds (0.1#10.140)