Masyarakat Penasaran Jajal Tol Layang Japek, Lalin Nataru Diprediksi Padat

Rabu, 18 Desember 2019 - 15:49 WIB
Masyarakat Penasaran Jajal Tol Layang Japek, Lalin Nataru Diprediksi Padat
Tol Layang Japek diprediksi akan dipadati kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
PURWAKARTA - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purwakarta menyiapkan antisipasi membludaknya volume kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), terutama di jalan tol.

Rasa penasaranan masyarakat untuk menjajal jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) menjadi salah satu faktor padatnya arus lalu lintas di jalan bebas hambatan itu.

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan, jalan tol layang tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna tol. Libur Natal dan Tahun Baru jadi momentum bagi pemudik untuk mencoba Jalan Tol Layang Japek yang beberapa waktu lalu diresmikan dan dibuka untuk umum pada Minggu 15 Desember 2019.

“Kami sudah menyiapkan antisipasi apabila terjadi kepadatan, terutama di pintu tol yang ada di Purwakarta, salah satunya di Gerbang Tol Cikopo. Selain juga menyiapkan beberapa skenario pembagian arus lalu lintas apabila terjadi kepadatan di dalam tol,” kata Zanuar kepada SINDOnews, Rabu (18/12/2019).

Diketahui, meskipun Purwakarta saat ini hanya sebatas lintasan bagi pemudik. Namun wilayah ini berperan cukup vital sebagai pembagi arus lalu lintas jika terjadi kepadatan, baik di dalam Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) maupun Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

"Arus lalu lintas, kerap dialihkan ke Purwakarta, baik yang menuju jalur utara, tengah, maupun selatan," ujar Kasatlantas.

Kepadatan lalu lintas, tutur Zanuar, diprediksi terjadi pada 19 Desember 2019. Hanya saja dia belum bisa menyampaikan prediksi voulume kendaraan lantaran harus melihat data sebelumnya sebagai bahan perbandingan.

“Pascatahun baru, pengaturan lalu lintas bergeser ke akses tempat wisata. Apalagi di Purwakarta banyak destinasi wisata yang kemungkinan akan banyak dikunjungi wisatawan,” tutur dia.

Zanuar mengimbau para pemudik Natal dan Tahun Baru disiplin berlalu lintas dengan mematuhi rambu-rambu. Pengecekan kendaraan mutlak diperlukan demi keselamatan di jalan raya. Dengan cuaca musim hujan, para pengendara harus lebih waspada.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1439 seconds (0.1#10.140)