Hadir di Kota Bandung, Mekari Dorong Digitalisasi Bisnis UMKM

Selasa, 17 Desember 2019 - 22:53 WIB
Hadir di Kota Bandung, Mekari Dorong Digitalisasi Bisnis UMKM
CCO Mekari, Sandy Suryanto menunjukkan salah satu aplikasi unggulan Mekari dalam peresmian kantor representatif Mekari Bandung di Hotel Malaka, Jalan Palasari, Kota Bandung, Selasa (17/12/2019). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Mekari, perusahaan penyedia platform bisnis berbasis cloud yang bergerak di bidang Software as a Service (SaaS) hadir di Kota Bandung. Mekari hadir untuk mendorong digitalisasi bisnis di kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kehadiran Mekari di Kota Bandung ditandai dengan peresmian kantor representatif Mekari yang beralamat di Jalan Cikawao, Nomor 51 C, Kota Bandung. Selain meresmikan kantor representatif, Mekari juga menghadirkan booth di Mall 23 Pasal G yang sudah dimulai sejak 9 Desember 2019 hingga 29 Desember 2019 mendatang.

"Kami hadir untuk mendorong para pelaku bisnis UMKM Bandung untuk go digital," ujar Chief Commercial Officer (CCO) Mekari, Sandy Suryanto dalam peresmian kantor representatif Mekari Bandung di Hotel Malaka, Jalan Palasari, Kota Bandung.

Menurut Sandy, Mekari hadir di Kota Bandung sejak awal 2019 lalu. Mekari berkomitmen membantu meningkatkan pertumbuhan UMKM melalui proses edukasi digitalisasi bisnis UMKM dengan memanfaatkan teknologi serta memberikan solusi praktis bagi perkembangan bisnis mereka.

Terlebih, lanjut Sandy, dalam beberapa tahun ke belakang, Bandung menjadi salah satu kota paling menarik di Indonesia dimana jumlah pengusaha dan perusahaan rintisan meningkat pesat. Bahkan, keberadaan UMKM di Kota Bandung juga membawa pengaruh yang cukup tinggi terhadap produk domestik bruto (PDB).

"Apalagi, Indonesia kini telah memasuki revolusi industri 4.0 dimana di era ini, kecepatan dan ketepatan menjadi kunci untuk memenangkan persaingan," katanya.

Hadir di Kota Bandung, Mekari Dorong Digitalisasi Bisnis UMKM


Sandy menyebutkan, Mekari memiliki empat produk aplikasi unggulan yang dikembangkan, yakni Talenta, Sleekr, Jurnal, dan Klikpajak. Keempat aplikasi tersebut dapat digunakan dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM), keuangan, dan perpajakan.

"Pemanfaatan teknologi oleh pelaku UMKM saat ini masih terbatas pada aktivitas pemasaran, seperti penggunaan media sosial dan website. Di sini lah Mekari hadir untuk memberikan solusi dalam pengelolaan SDM dan finansial, agar proses bisnis lebih optimal, sehingga lebih efisien dan produktivitas meningkat," paparnya.

Lewat keempat produk unggulannya itu, pihaknya menargetkan, Mekari dapat melayani satu juta pelaku usaha di Indonesia. Saat ini, sebut Sandy, Mekari telah melayani 90.000 pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kita nomor satu dalam penyediaan platform digital dan akan terus berusaha menggaet seluruh pelaku usaha," imbuhnya.

Sandy menambahkan, pengguna layanan Mekari saat ini masih didominasi pelaku usaha di DKI Jakarta dengan persentase mencapai 70 persen. Sedangkan sisanya tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Medan, Bandung, dan Surabaya.

"Soal harga, harga yang kita berikan sangat terjangkau, namun tetap dengan kemudahan teknologi yang optimal. Misalnya Jurnal, harganya mulai Rp199.000 per bulan," katanya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4332 seconds (0.1#10.140)