Pertama di Indonesia, AWS Gelar Community Day di Kota Bandung

Selasa, 17 Desember 2019 - 17:39 WIB
Pertama di Indonesia, AWS Gelar Community Day di Kota Bandung
AWS menggelar Community Day di BLOCK71 Bandung, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung. Foto/Dok.AWS Community Day Bandung
A A A
BANDUNG - Amazon Web Service (AWS), menggelar AWS Community Day di BLOCK71 Bandung, Jalan Ir H Djuanda Nomor 108, Kota Bandung. Hadir komunitas AWS dari kalangan developer, praktisi teknologi informasi (TI), dan akademisi.

Acara yang digelar pada Sabtu 14 Desember 2019 lalu ini merupakan pertama di Indonesia. Selama ini, AWS Community Day kerap digelar di berbagai kota di seluruh dunia.

Untuk diketahui, AWS merupakan sekumpulan layanan berbasis cloud computing yang disediakan oleh Amazon, perusahaan e-commerce raksasa asal Amerika Serikat. AWS Community Day menjadi ajang bertemunya komunitas AWS.

AWS Community Day merupakan sebuah konferensi yang digelar satu hari penuh yang dipimpin komunitas AWS. Logistik dan konten acara direncanakan, bersumber, dan disampaikan oleh para pemimpin komunitas AWS.

"Jadi, AWS Community Day ini acara yang diadakan oleh komunitas (AWS) dan untuk komunitas," kata Lead Community AWS Farah Clarashinta kepada SINDOnews, Selasa (17/12/2019).

Menurut Farah, AWS Community Day Bandung menghadirkan pengalaman belajar peer-to-peer, yang menyediakan tempat bagi pengembang untuk memperoleh wawasan tentang topik-topik terbaru dan layanan AWS dengan cara yang mereka sukai dari satu sama lain. "Mereka menggelar diskusi teknis, lokakarya, dan praktik langsung yang dipimpin oleh pengguna AWS ahli dan para pelaku industri," ujar dia.

AWS Community Day Bandung, tutur Farah, menghadirkan Senior Technical Evangelist AWS, Donnie Prakoso serta perwakilan sejumlah perusahaan e-commerce terkemuka, seperti Blibli, Happy Fresh, Gojek, dan Ralali.

"Mereka berbagi pengalaman mengaplikasikan AWS dan kesuksesan membangun perusahaan kepada seluruh peserta Community Day," tutur Farah.

Farah mengungkapkan, selain menjadi ajang bertemunya komunitas AWS, AWS Community Day juga untuk mencari peluang kerja dalam bidang internet dan teknologi informasi (TI). "Peluang kerja di industri TI ini sangat besar, apalagi industri TI di Indonesia saat ini berkembang pesat," ungkap dia.

Farah mengatakan, pihaknya sengaja memilih Bandung sebagai lokasi pelaksanaan AWS Community Day mengingat kota berjuluk Parijz Van Java ini menyimpan segudang talent berbakat.

"Community Day ini baru pertama kali digelar di Indonesia. Kalau di Singapura, Thailand, Jepang, hingga Amerika Serikat, kegiatan ini sudah sering (digelar). Setelah Bandung, AWS Community Day selanjutnya akan digelar di Surabaya," kata Farah.

Selain mencari peluang kerja, ujar Farah, pihaknya pun berharap, peserta AWS Community Day mendapatkan pengetahuan baru dalam bidang development, termasuk menjalin jaringan baru dalam pengembangan bakat dan talenta. "Di kita itu banyak orang berbakat, tapi spotlight-nya kurang. Kami ingin menjadi spotlight itu," ujar dia.

Farah menambahkan, ke depan, pihaknya akan menindaklanjuti AWS Community Day ini dengan pertemuan-pertemuan hingga menggelar workshop agar talenta para talent Bandung terus terasah.

"Dari penyelenggaraan AWS Community Day di negara lain, kami ingin para talent Bandung ini meniru semangat berkomunitas, mencari koneksi, termasuk peluang-peluang baru," tandasnya.

Masih di tempat yang sama, Business Development BLOCK71 Bandung Dilla Ibtida mengatakan, BLOCK71 Bandung mendukung penuh AWS Community Day. Terlebih, kegiatan ini baru pertama kali digelar di Indonesia.

"Kami juga merasa terhormat dan berterima kasih atas dipilihnya BLOCK71 sebagai tempat penyelenggaraan Community Day ini," kata Dilla.

Selain menyediakan berbagai fasilitas dan sarana pendukung AWS Community Day, pihaknya juga menjembatani para talent Bandung untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dilla berharap, lewat kolaborasi ini, pertumbuhan talent di Bandung berkembang pesat. "Kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri karena apapun upaya kita, kolaborasi itu kuncinya," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0829 seconds (0.1#10.140)