Musim Hujan Tiba, Brimob Polda Jabar Siaga Hadapi Bencana

Senin, 16 Desember 2019 - 18:21 WIB
Musim Hujan Tiba, Brimob Polda Jabar Siaga Hadapi Bencana
Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi memeriksa kesiapan pasukan siaga bencana. Foto/Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Untuk mengantisipasi bencana alam dan memastikan kesiapan personel serta peralatan, Brimob Polda Jabar menggelar Apel Pasukan, Perlengkapan, dan Kendaraan Satgasopsda Aman Nusa II Tahun 2019, Senin (16/12/2019).

Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol Asep Saepudin bertindak sebagai komandan apel yang digelar di halaman Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

Seusai apel, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagu memeriksa personel dan sarana prasarana. "Gelar pasukan ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan baik personel maupun peralatan dan perlengkapan dalam menghadapi bencana alam," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Polda Jabar, ujar dia, telah menyusun rencana kontijensi dalam penanganan bencana alam, seperti longsor dan banjir, serta kecelakaan lalu lintas. "Kami siapkan personel untuk mengantisipasi bencana alam," ujar dia.

Truno menuturkan, pada pelaksanaannya, para personel yang disiapkan sebagai tim siaga bencana ini akan bergabung dengan tim siaga bencana di masing-masing polres di wilayah hukum Polda Jaba. Mereka akan turun bersama instansi lain dalam penanganan bencana alam.

Menurut Kabid Humas, kesiapasiagaan tim siaga bencana ini juga sebagai salah satu tim pendukung dalam melancarkan Operasi Lilin Lodaya 2019 yang digelar selama dua pekan, 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Polda Jabar menyiapkan 625 personel penanganan bencana yang terdiri dari Karendalopsda, Kasatgasopsda, Satgas SAR, Satgas Ungsi dan lindung, Satgas Kedokteran dan Kesehatan, Satgas lidik sidik, serta Satgas Banops.

"Ini menjadi suatu bentuk kesiapan dan ketanggapan Polri dalam memberikan bantuan penyelamatan, pencarian, dan evakuasi korban bencana alam pada tahap darurat dan pascabencana yang dilaksanakan dengan cepat dan tepat sasaran, efektif dan efisien," pungkas Truno.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8995 seconds (0.1#10.140)