alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Peradi Bandung Dorong Advokat Jaga Muruah Profesi

Agung Bakti Sarasa
Peradi Bandung Dorong Advokat Jaga Muruah Profesi
DPC Peradi Bandung berbagi kasih dengan anak-anak penderita kanker dari Yayasan Kanker Anak Indonesia dalam Perayaan Natal Bersama di Hotel Fox Harris, Jalan Jawa Kota Bandung, Sabtu (14/12/2019). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) Bandung mendorong seluruh anggotanya untuk benar-benar menjaga muruah profesi advokat sebagai penjaga dan pemberi keadilan.

Dorongan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPC Peradi Kota Bandung Jutek Bongso dalam Perayaan Natal Peradi Bandung bersama Persekutuan Pengacara Oikoumene Indonesia (PPOI) dan advokat seluruh Indonesia di Hotel Fox Harris, Jalan Jawa, Kota Bandung, Sabtu (14/12/2019) malam.

"Advokat ini penolong, penjaga muruah keadilan, pemberi keadilan. Ini inline dengan ajaran dalam agama Kristen. Jadi, Natal ini merefleksikan kami selaku penganut Nasrani untuk mempraktikkan (ajaran) dalam profesi kami," tutur Jutek.



Terlebih, lanjut Jutek, profesi advokat sangat rawan bersinggungan dengan urusan duniawi. Oleh karenanya, melalui Perayaan Natal Bersama, pihaknya menginginkan seluruh advokat, khususnya yang beragama Kristen, mampu menyeimbangkan kehidupan duniawi dan rohaninya.

"Perayaan Natal ini dalam rangka menyatukan (kehidupan rohani dan duniawi) karena dalam profesi apapun, terutama advokat, sangat rawan sekali dengan katakanlah hal-hal yang bersifat duniawi. Sehingga, kami mencoba menyatukan kegiatan rohani dan duniawi, supaya bisa terbina dengan baik," jelasnya.

Pihaknya pun berharap, seluruh advokat, khususnya yang beragama Kristen dapat menjalankan profesi dengan sebaik-baiknya, yakni dengan tidak hanya mencari keuntungan duniawi semata.

Senada dengan Jutek, Ketua Umum PPOI Subagyo Sri Utomo mengatakan, profesi advokat merupakan profesi yang mulia. Namun, dia mengakui, banyak juga oknum advokat yang tidak berperilaku mulia.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Natal Peradi Bandung Dosma Roha Sijabat mengatakan, melalui Perayaan Natal Bersama ini, pihaknya pun menginginkan seluruh advokat bersatu padu. Terlebih, saat ini, banyak organisasi advokat yang cerai berai. "Dengan sukacita Natal ini, kami ingin menggabungkan semua organisasi, termasuk dengan himpunan advokat yang Nasrani."



(zik)