Emil Perintahkan Dishub Jabar Segera Pasang Pagar Pembatas Jurang

Rabu, 12 September 2018 - 17:35 WIB
Emil Perintahkan Dishub Jabar Segera Pasang Pagar Pembatas Jurang
Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik berjanji segera merealisasikan pagar pembatas jurang berteknologi silinder putar yang digagas Ridwan Kamil. Foto/SINDONews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memerintahkan Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar segera memasang pagar pembatas jurang berteknologi silinder putar untuk menekan dampak kecelakaan.

Gagasan memasang pagar pembatas tersebut awalnya diungkapkan Ridwan Kamil melalui media sosial pascatragedi bus maut yang menewaskan 21 penumpang di Cikidang, Kabupaten Sukabumi, beberapa waktu lalu.

Pagar pembatas jurang bersilinder putar buatan Korea Selatan ini rencananya akan dipasang pada bahu jalan antarkota antarprovinsi yang dinilai rawan kecelakaan.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, pagar pembatas ini memiliki tabung silinder yang bisa berputar dan mampu mengubah energi tabrakan linear menjadi energi rotasi, sehingga mobil menjadi melipir ke samping ketimbang terus ke depan.

"Dishub sudah saya perintahkan untuk cari datanya. Kalau perlu terbang ke Korea untuk memastikan kita bisa mendapatkan itu secepatnya di anggaran terdekat," tegas Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (12/9/2018).

Emil yakin, pagar pembatas jurang ini bakal menjadi solusi untuk menekan dampak kecelakaan yang terjadi di Jabar. Emil pun yakin, keberadaannya akan membuat jalan-jalan di Jabar lebih aman dilintasi.

Sementara itu, Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik mengapresiasi gagasan Ridwan Kamil tersebut. Terlebih, berkaca pada pengalaman, pembatas jalan biasa selalu hancur jika terkena benturan.

"Ini ide bagus dari Pak Gubernur, kalau (pembatas biasa) kena benturan sudah hancur. Kalau ini tidak hancur, tapi memperlambat kecepatan kendaraan," kata Dedi di Gedung Sate, Rabu (12/9/2018).

"Kita akan pasang di tempat rawan seperti di Tanjakan Aman (Tanjakan Emen, Kabupaten Sibang), di Cikidang, Lewueng Tiis Garut, bisa kita pasang," sambung Dedi.

Pihaknya pun berjanji segera merealisasikan gagasan atasannya itu dengan segera melakukan pengadaan pembatas jurang berteknologi silinder putar tersebut dengan anggaran yang bersumber dari APBD Jabar.

"Kalau ada di (APBD) Perubahan (2018) kita lakukan pergeseran, kita lakukan pengadaan barang dan jasanya. Kalau memungkinkan ya segera. Kalau di anggaran perubahan bisa, itu lebih baik," tandasnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7851 seconds (0.1#10.140)