alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sambut Libur Nataru, Dishub Cimahi Gelar Ramp Check Angkutan Umum

Adi Haryanto
Sambut Libur Nataru, Dishub Cimahi Gelar Ramp Check Angkutan Umum
Petugas Dishub Kota Cimahi, kepolisian dan TNI saat menggelar ramp check di Rest Area KM 125 Tol Purbaleunyi, Kota Cimahi beberapa waktu lalu. Foto/Dok.SINDOnews

CIMAHI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi bakal menggelar pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramp check terhadap kendaraan angkutan umum, seperti bus dan truk.

Pemeriksaan tersebut sebagai antisipasi menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Naturu), di mana biasanya muncul kerawanan kecelakaan di jalan akibat kondisi kendaraan tak laik jalan.

"Jelang libur Natal dan Tahun Baru kami akan menggelar dua kali ramp check di dua tempat berbeda. Sasaran utamanya adalah bus yang mengangkut masyarakat sebagai pengguna jasa layanan angkutan di musim mudik Natal dan Tahun Baru ini serta kendaraan barang," tutur Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ranto Sitanggang, Jumat (13/12/2019).



Menurut dia, saat melaksanakan ramp check pihaknya akan dibantu dari unsur kepolisian dan TNI. Termasuk menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi untuk melakukan tes urine kepada sopir.

Total personel yang disiapkan dari Dishub ada sebanyak 25 orang, jika dibantu personil kepolisian, TNI, dan BNN Kota Cimahi total personel kurang lebih mencapai 50 orang.

Sasaran utama dari kegiatan ramp check, ujar dia, adalah untuk memeriksa kelaikan kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang. Baik dari kelaikan secara fisik maupun secara administrasi.

Pasalnya dari catatan kegiatan serupa sebelumnya, masih ada temuan seperti kondisi ban vulkanisir dan rem tangan yang tidak berfungsi. Kondisi itu sangat membahayakan keselamatan penumpang.

"Kami akan fokus kepada pemeriksaan kelaikan kendaraan untuk mobil penumpang, dan angkutan barang seperti yang melanggar ODOL (over dimensi dan over load)," ujar dia.

Sejauh ini, tutur Ranto, temuan yang paling mendominasi saat dilakukan ramp check adalah kondisi ban kendaraan dan rem yang tidak berfungsi. Fakta itu jelas sangat membahayakan sebab kedua komponen tersebut sangat krusial bagi kendaraan.

Oleh sebab itu pihaknya ingin menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat sebagai pengguna jasa layanan angkutan umum di jalan agar mereka tidak menjadi korban akibat kelalaian dari operator bus.

"Pastinya jika ditemukan pelanggaran kami akan memberikan sanksi tegas, seperti penyitaan dokumen perjalanan atau melarang meneruskan perjalanan. Semoga dengan adanya ramp check pelaksanaan musim libur Natal dan Tahun Baru berjalan lancar, aman, dan selamat," tutur Ranto.



(awd)