Progres Pembangunan PLTA Jatigede 2X55 MW Capai 73,18%

Jum'at, 13 Desember 2019 - 17:17 WIB
Progres Pembangunan PLTA Jatigede 2X55 MW Capai 73,18%
Pembangunan PLTA Jatigede di Sumedang, Jabar. Foto/Dok.Humas PLN
A A A
BANDUNG - PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah 1 (UIP JBT 1) terus mempercepat pembangunan konstruksi pembangkit listrik dan jaringan transmisi di Regional Jawa Bagian Tengah (Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta).

Salah satunya ditunjukkan dengan progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede 2 x 55 MW yang saat ini sudah mencapai 73,18%. PLTA Jatigede, terletak di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Pembangunan PLTA Jatigede telah berhasil menyelesaikan pekerjaan Top Heading Excavation (penggalian saluran air di headrace tunnel) sepanjang 2.218,73 meter, di mana telah berhasil tembus pada oktober 2019. Ini merupakan salah satu miles stone penting dalam progres pengerjaan PLTA," kata Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah dalam siaran persnya, Jumat (13/12/2019).

PLN UIP JBT I, ujar dia, terus berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan proyek pembangkit listrik, khususnya pembangunan PLTA sebagai upaya peningkatan bauran energi baru terbarukan. PLTA Jatigede 2x55 MW akan jadi produk pertama dari PLN UIP JBT I yang ditargetkan selesai pada tahun 2020 dan dapat mendukung upaya pemerintah mencapai rasio elekstrifikasi 100% pada tahun 2020.

Headrace Tunnel berfungsi sebagai terowongan penghubung penampungan air dengan penstock, juga terhubung dengan power station. Lewat terowongan ini, air tampungan waduk Jatigede mengalir menuju penstock dan seterusnya memutar turbin pembangkit listrik.

"Target penyelesaian pekerjaan dalam waktu dekat untuk PLTA Jatigede yakni pelapisan dinding terowongan menggunakan beton," ujar dia.

Sejak pembangunannya hingga 2019, PLTA Jatigede berhasil menyerap tenaga kerja hingga 980 orang dan jumlah ini akan terus bertambah seiring semakin banyaknya pekerjaan dan target selesai.

Diharapkan nantinya PLTA Jatigede mampu meningkatkan kapasitas dan keandalan pasokan energi listrik di daerah Jawa Barat dan sekitarnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9887 seconds (0.1#10.140)