alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ribuan Peserta Bakal Ikuti Heritage Run di Kota Bandung

Arif Budianto
Ribuan Peserta Bakal Ikuti Heritage Run di Kota Bandung
Salah satu bangunan heritage, Gedung dfries di kawasan Braga, Bandung. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Ribuan peserta dipastikan bakal mengikuti event Sanlex Heritage Run, menyusuri jalanan bersejarah Kota Bandung di sekitar Braga, pada Minggu (15/12/2019). Event ini digelar sebagai upaya menggalakkan Bandung Kota Heritage.

Marketing Manager PT Rajawali Hiyoto J. Agus Budisaksono mengatakan, Sanlex Heritage Run akan dibagi dua kategori, yaitu lari 5K untuk kategori umum serta 10K untuk kategori umum dan master (usia 40 tahun ke atas). Rute lari di sekitar kawasan Braga, sembari menikmati bangunan tua Bandung.

"Untuk menggelar event ini, kami menggandeng Indorunners sebagai partner komunitas dan Indonesia Muda Road Runners yang akan meng-handle race management," kata Agus di d'Braga Hotel, Jalan Braga Pendek, Kota Bandung, Jumat (13/12/2019).



Menurut dia, di sepanjang rute, peserta dapat menikmati pemandangan bangunan-bangunan Heritage Kota Bandung. Tak hanya itu, dengan mengikuti kegiatan ini peserta turut menyumbang untuk kelestarian bangunan heritage. Dari setiap peserta akan menyumbangkan 1 kg cat untuk bangunan heritage Kota Bandung.

Agus menjelaskan, Sanlex secara konsisten mengadakan kegiatan CSR berupa pengecatan di fasilitas umum, sarana ibadah, sarana pendidikan, dan perkampungan padat. Lomba lari ini juga bentuk komitmen Sanlex melestarikan cagar budaya di Kota Bandung.

Sebelumnya, Sanlex juga mendukung program Kampung Wisata Kreatif, Sejarah, dan Cagar Budaya Braga yang dicanangkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.  "Ide penyelenggaraan Sanlex Heritage Run bermula dari kerja sama kami dan Disbudpar Kota Bandung untuk pengecatan bangunan heritage di Kawasan Braga. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan awareness tentang daya tarik wisata Heritage di Kota Bandung sehingga dapat mendorong pertumbuhan pariwisata Kota Bandung," beber dia.

Selain memperebutkan hadiah senilai total puluhan juta rupiah, peserta juga berkesempatan untuk memenangkan puluhan doorprize berupa sepeda, televisi, smart watch, ponsel, dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, saat ini di Bandung ada sekitar 1.300 bangunan cagar budaya tipe A, B, dan C. Namun, sebagai ikon bangunan tua, ada di sekitar Braga. "Acara ini merupakan salah satu langkah pengembangan wisata budaya di Bandung. Apalagi ada program pengecatan yang diharapkan semakin menjaga kondisi bangunan tua," kata dia.



(zik)