Presiden Jokowi Puji Mobil Aspirasi Kampung Juara

Jum'at, 13 Desember 2019 - 12:57 WIB
Presiden Jokowi Puji Mobil Aspirasi Kampung Juara
Gubernur Jabar Ridwan Kamil berdiri di atas maskara saat pemberian maskara di Desa Kalipucang, Pangandaran, belum lama ini. Maskara mendapat pujian dari Presiden Jokowi. Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo memberikan pujiannya terhadap mobil aspirasi kampung juara (maskara) saat pelepasan ekspor perdana Isuzu Traga di Isuzu Karawang Plant, Kabupaten Karawang, Kamis 12 Desember 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM Desa) Jabar Dedi Sopandi mengatakan, tahun ini, pihaknya memesan 125 unit maskara dari Isuzu. Sebanyak 112 unit sudah selesai dan mulai didistribusikan. "Akhir November pihak Isuzu meminjam satu unit untuk dipajang di lokasi pameran pelepasan ekspor Traga," ujar Dedi di Bandung, Jumat (13/12/2019).

Menurut dia, maskara ikut mejeng bersama sejumlah Isuzu Traga hasil modifikasi, mulai dari mobil roti, mobil penumpang hingga mobil boks. Kehadiran maskara, kata Dedi, mencuri perhatian Presiden Jokowi.

"Maskara mendapat respons Presiden karena beberapa inovasi mobil itu menjadi bagian dari minat Filipina mengimpor Traga. Jadi bentukan maskara pun membuat Filipina tertarik, kata Pak Presiden ini bagian dari kebijakan pengurangan impor," ungkapnya.

Maskara sendiri, lanjut Dedi, merupakan mobil multifungsi yang bisa dimanfaatkan warga untuk angkutan pertanian, angkut jenazah, hingga hiburan seperti layar tancap.

Mobil ini dilengkapi dengan seperangkat alat sound system, layar proyektor, dua buah kursi, dan genset. Mobil ini diberikan kepada desa berprestasi.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menceritakan awal mula lahirnya maskara sebagai salah satu program unggulan Pemprov Jabar melalui DPM Desa itu.

"Jadi, saya dapat curhatan dari warga desa di medsos (media sosial), angkut orang sakit susah, angkut barang susah, ingin nonton film nggak ada, dangdutan sewa sound system," ujar Gubernur yang akrab disapa Emil itu.

"Pokoknya ini (maskara) mobil segala bisa, kalau bisa empat fungsi tadi jadi 15. Untuk angkut jualan ke pasar, boleh. Jadi saya ingin mendapat cerita, mobil ini dimanfaatkan. Saya ingin membuktikan uang rakyat kembali ke rakyat," tuturnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7232 seconds (0.1#10.140)