alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Klasemen Liga 1: Persipura Salip Persebaya dan Borneo FC, Kalteng Putra Degradasi

Dzikry Subhanie
Klasemen Liga 1: Persipura Salip Persebaya dan Borneo FC, Kalteng Putra Degradasi
Klasemen Liga 1 hingga 12 Desember 2019. Tangkapan layar @Liga1Match

JAKARTA - Persipura Jayapura berhasil menyalip Persebaya Surabaya dan Borneo FC seusai imbang 0-0 dengan tuan rumah Kalteng Putra, Kamis (12/12/2019) malam. Di sisi lain, Kalteng Putra dipastikan degradasi.

Berkat tambahan satu poin di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Kalteng, Persipura kini memiliki 49 poin, sama dengan Borneo FC. Persipura ada di peringkat 2, sementara Borneo di peringkat 3. Sedangkan Persebaya yang tadi sore naik ke peringka 3, tergeser ke peringkat 4 dengan koleksi 48 poin.

Di sisi lain, Kalteng Putra dipastikan terdegradasi ke Liga 2 lantaran hingga pekan ke-32 hanya mengoleksi 31 poin. Kalaupun menang dalam dua pertandingan terakhir, poin maksimal Kalteng Putra hanya 37, tidak akan mampu mengejar Persija Jakarta yang saat ini ada di posisi 15 dengan 38 poin.



Perjuangan lolos dari zona degradasi ini makin seru lantaran Perseru Badak Lampung FC tadi malam kalah 2-3 dari Bhayangkara FC. Dengan kekalahan ini, Perseru Badak Lampung FC tertahan di peringkat 16 dengan 33 poin. Perseru bisa bertahan di Liga 1 jika menang di dua laga sisa dan Persija kalah di tiga laga terakhir.

Sementara, Semen Padang ada di peringkat 18 dengan 31 poin dari 31 laga. Nasib semen Padang di Liga 1 akan ditentukan hari ini. Jika kalah melawan PSIS Semarang, Semen Padang akan menemani Kalteng Putra turun ke Liga 2.

Tira Persikabo yang semalam secara mengejutkan menang 1-0 di kandang Bali United dipastikan aman di Liga 1 musim mendatang. Sebab, koleksi 41 poin yang dimiliki Tira tidak mungkin dikejar oleh tiga penghuni dasar klasemen yakni Perseru Badak Lampung FC, Kalteng Putra, dan Semen Padang.



(zik)