alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

4 Hari Tersesat di Gunung Pasir Nangkod, Nenek Walsiah Ditemukan Meninggal

Agus Warsudi
4 Hari Tersesat di Gunung Pasir Nangkod, Nenek Walsiah Ditemukan Meninggal
Tim SAR gabungan memasukkan jasad nenek Walsiah ke kantong jenazah. Foto/Humas Kantor SAR Bandung

BANDUNG - Tim search and rescue (SAR) gabungan berhasil menemukakan nenek Walsiah (65) dalam kondisi tak bernyawa di Gunung Pasir Nangkod, Desa Cilangkap, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Korban Walsiah telah hilang di gunung tersebut selama empat hari. Selama itu pula, tim SAR gabungan tak kenal lelah mencari keberadaan korban.

Unsur yang terlibat dalam operasi SAR korban nenek Walsiah antara lain, Kantor SAR Bandung, Polsek Buahbua, Koramil Buahdua, BPBD Kabupaten Sumedang, Tagana Sumedang, PMI Sumedang, Sumedang Mandiri Rescue, Wanadri, SAR Unpad, AMS Rescue, Polhut Perum Perhutani, Relawan Mata Angin, Forum Relawan Nusantara, dan warga Desa Cilangkap.



"Korban nenek Walsiah ditemukan pada pukul 12.45 WIB dengan jarak kurang lebih 580 meter dari lokasi kejadian," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah dalam rilis tertulis Humas Kantor SAR Bandung.

Korban nenek Walsiah, ujar Deden, merupakan warga Dusun Cileungsing RT 15/4, Desa Cilangkap, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang. Setelah evakuasi berlangsung, korban dibawa ke Puskesmas Buahdua untuk diperiksa. "Pukul 13.25 WIB korban berhasil di evakuasi oleh tim SAR gabungan dan dibawa ke Puskesmas Buahdua," ujar Deden.

Dengan ditemukannya korban, tutur Deden, operasi SAr ditutup pukul 13.55 WIB. "Dengan telah ditemukannya korban, operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup," tutur dia.

Deden mengungkapkan, sebelumnya, Kantor SAR Bandung menerima informasi terkait satu orang tersesat di Gunung Pasir Nangkod pada Senin 9 Desember 2019 dari Polsek Buahdua pada pukul 23.00 WIB.

"Berdasarkan laporan yang diterima, kronologi kejadian berawal saat korban mencari sayuran di kawasan hutan Gunung Pasir Nangkod pada Senin 9 Desember 2019 sekitar pukul 18.00 WIB. Namun hingga menjelang tengah malam, korban tak kunjung pulang. Karna khawatir, keluarga korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Buahdua," ungkap Deden.



(awd)