alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ekonomi Jabar 2020 Diprediksi Tak Jauh Beda dengan Tahun Ini

Arif Budianto
Ekonomi Jabar 2020 Diprediksi Tak Jauh Beda dengan Tahun Ini
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Doni P Joewono. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Ekonomi Jawa Barat tahun 2020 diprediksi tidak jauh berbeda dengan kondisi tahun ini. Efek perang dagang, perlambatan sektor manufaktur, dan ekspor diperkirakan masih membayangi kondisi tahun depan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Doni P Joewono mengatakan, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada 2020 diperkirakan meningkat. Namun, secara angka diperkirakan tidak sebaik pada 2018 sebesar 5,64%.

"Tahun depan kami memprediksi pertumbuhan ekonomi 5,4 sampai 5,8%. Tetapi kami belum confidence pada angka 5,6%," kata Doni pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Jawa Barat 2019 di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019).



Tahun depan, sumber pertumbuhan ekonomi masih ditopang permintaan domestik, konsumsi, dan investasi. Konsumsi diperkirakan masih bagus, karena ada dana stimulus seperti dana PKH, bansos, dan lainnya.

Kendati optimistis ada pertumbuhan, pihaknya memprediksi tak jauh beda dengan 2019. Diperkirakan pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun di angka 5,42-5,45% dengan asumsi masih ada investasi yang belum terealisasi.

Sepanjang tahun 2019, kata dia, perekonomian Jawa Barat menghadapi tantangan yang cukup berat. Pertumbuhan ekspor yang menjadi tumpuan sektor industri pengolahan turun dibandingkan tahun 2018, mengindikasikan adanya tekanan pada industri TPT, kimia, dan karet.

Dalam periode yang sama, pertumbuhan impor barang modal juga turun cukup dalam yang mencerminkan masih lambatnya investasi nonbangunan dari korporasi. Namun demikian, dirinya ersyukur di tengah memburuknya ekonomi global, kinerja dan prospek ekonomi Jawa Barat masih cukup baik.

"Pada tahun 2019 Jawa Barat diperkirakan masih dapat tumbuh pada titik tengah kisaran target," katanya.



(zik)

preload video