alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pohon Tumbang Jadi Ancaman di Musim Hujan, PLN Lakukan Ini

Adi Haryanto
Pohon Tumbang Jadi Ancaman di Musim Hujan, PLN Lakukan Ini
Salah satu kejadian pohon tumbang yang merusak instalasi listrik di salah satu kompleks di kawasan Permana, Kota Cimahi, beberapa waktu lalu. Foto/Dok.Warga Permana

BANDUNG BARAT - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi mewaspadai potensi timbulnya gangguan jaringan listrik yang diakibatkan pohon tumbang, khususnya pada musim hujan ini.

"Sejak awal musim penghujan sudah ada laporan masuk tiga kali gangguan listrik akibat pohon tumbang. Seperti di Rajamandala dan Cirata, Kabupaten Bandung Barat, serta di Permana Kota Cimahi," sebut Manajer Bagian Jaringan PLN UP3 Cimahi Pilih Kondhang Paramarta, Kamis (12/12/2019).

Dia menerangkan, kejadian yang paling parah adalah di Rajamandala, karena pohon tumbang sampai mengakibatkan tujuh tiang patah dan satu gardu rusak. Sementara, kejadian di Permana tiang besi sampai menggantung. Pihaknya langsung melakukan penanganan dengan memprioritaskan penormalan jaringan listrikĀ  pelanggan dengan menggunakan Unit Gardu Bergerak (UGB) dan Unit Kabel Bergerak (UKB).



Saat ini suplai listrik di daerah tersebut sudah normal. Namun, untuk proses recovery sampai sekarang masih dilakukan, karena mesti mengganti tiang dan perbaikan gardu yang rusak. Proses recovery jaringan agar pulih sepenuhnya bila terjadi pohon tumbang menimpa utilitas PLN memakan waktu hingga 3 jam. Itu pun dengan penanganan dari petugas yang lumayan banyak.

"Perbaikan gardu kalau tidak rusak parah butuh waktu sekitar tiga jam untuk satu titiknya. Kalau banyak titik yang rusak bisa sampai 20 personel kami turunkan, supaya perbaikannya cepat. Makanya kami siapkan petugas piket 24 jam jika sewaktu-waktu ada laporan masuk," sambungnya.

Menurutnya, langkah antisipasi yang dilakukan atas adanya pohon tumbang selama musim hujan adalah dengan pemangkasan ranting pohon yang dilintasi kabel PLN. Pihaknya terusĀ  berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi yang lebih mengetahui kondisi pohon, apakah rawan tumbang atau tidak. Upaya lainnya yakni dengan menambah titik pemasangan Ground Steel Wire (GSW) dan Arrester yang terkoneksi dengan jaringan.

"GSW dan Arrester atau alat penangkal petir biasanya dipasang di gardu. Jadi saat ada sambaran petir, alirannya dimasukkan ke tanah biar tidak menyambar utilitas," ujarnya sambil meminta masyarakat bisa memahami jika saat ada gangguan, listrik otomatis akan padam.



(zik)