alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Libur Akhir Tahun, XL Tingkatkan Kapasitas Telekomunikasi dan Data

Arif Budianto
Libur Akhir Tahun, XL Tingkatkan Kapasitas Telekomunikasi dan Data
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi

BANDUNG - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur panjang di akhir tahun 2019.

Pada libur panjang yang akan berlangsung selama kurang lebih dua pekan tersebut, persiapan jaringan meliputi, peningkatan kapasitas hingga 2x dari hari normal. Selain itu, juga dilakukan optimalisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat.

Pelaksana tugas (plt) Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, khusus untuk area Jawa Barat, peningkatan trafik signifikan diperkirakan akan kembali terjadi di objek wisata, pusat perbelanjaan, hingga jalur mudik. Daerah yang diantisipasi antara lain Lembang di Bandung Barat, Pangandaran, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), jalur Nagreg–Limbangan.



Dia optimistis, kualitas layanan telekomunikasi dan data selama liburan panjang nanti akan tetap prima dan pelanggan mendapatkan kenyamanan sesuai yang mereka butuhkan.

Selain persiapan khusus dalam menyambut masa liburan akhir tahun ini, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa maupun luar Jawa.

“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya bersifat bencana yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS. Untuk itu, tim kami di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini," kata Darmayusa dalam siaran persnya, Rabu (11/12/2019).

Tahun lalu, trafik data meningkat sekitar 30% dibandingkan hari-hari biasa. Untuk liburan nanti, pihaknya memprediksi akan terjadi kenaikan trafik sekitar 15% di layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan akan mengalami peningkatan.

Pada tahun lalu, libur panjang akhir tahun telah meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan. Antara 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, secara rata-rata terjadi kenaikan trafik sekitar 83% dibandingkan hari-hari normal. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan instant messaging, yaitu meningkat lebih dari 500% dibandingkan hari-hari biasa.



(awd)