alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kadin Select Petakan Strategi Ekspansi Produk Jabar ke Pasar Dunia

Agung Bakti Sarasa
Kadin Select Petakan Strategi Ekspansi Produk Jabar ke Pasar Dunia
Kadin Jabar kembali menggelar program Kadin Select sebagai upaya kurasi pengusaha dan produk unggulan Jabar agar bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional. Foto/Dok.Kadin Jabar

BANDUNG - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat memetakan potensi dan strategi untuk memudahkan produk-produk unggulan asal Jabar melakukan ekspansi pasar internasional melalui program Kadin Select.

Ketua Umum Kadin Jabar Tatan Pria Sudjana menjelaskan, program Kadin Select merupakan upaya kurasi yang dilakukan Kadin Jabar terhadap pengusaha dan produk-produk unggulan Jabar.

"Melalui kurasi ini, kami berupaya menghimpun database pengusaha dan produk unggulan di Jawa Barat agar memudahkan pemetaan potensi dan strategi ekspansi produk Jawa Barat di level Internasional," kata Tatan di Bandung, Selasa (10/12/2019).



Selain sebagai upaya kurasi, lanjut Tatan, melalui Program Kadin Select, Kadin Jabar juga memberikan kesempatan bagi para pengusaha asal Jabar untuk mengenalkan produknya di tingkat nasional hingga internasional.

Diakuinya, hingga kini, banyak pengusaha yang masih kebingungan untuk memperluas pasar karena adanya prosedur yang harus dilalui, agar produk mereka dapat diterima pasar nasional dan internasional. "Program ini membantu para pelaku usaha untuk bisa melebarkan akses pasarnya," ujar dia.

Setelah digelar di Karawang dan Bandung, tambah Tatan, Kadin Select kembali digelar di Hotel Santika Sukabumi, Minggu 8 Desember 2019 dengan jumlah peserta sekitar 50 pengusaha. "Kami beri kesempatan kepada mereka untuk berperan dal pengembangan usaha, baik nasional maupun internasional," tutur Tatan.

Komite Tetap (Komtap) Jaringan Usaha Kadin Jabar Fardi N Anafi menambahkan, melalui program Kadin Select, pihaknya berharap, para pengusaha asal Jabar dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jaringan pasarnya hingga tingkat internasional.

"Melalui kurasi ini pun, kami berupaya mengembangkan potensi produk unggulan Jabar, antara lain kopi, produk agro industri, fashion, produk olahan, dan handcraft, agar dapat semakin tumbuh dan bisa bersaing di level Internasional," kata Fardi yang diamini Komtap Industri Besar Kadin Jabar Surya Batara Kartika.



(awd)

preload video