Pemkab Bogor dapat Bantuan dari Universitas Pancasila untuk Majukan Desa

Selasa, 10 Desember 2019 - 17:26 WIB
Pemkab Bogor dapat Bantuan dari Universitas Pancasila untuk Majukan Desa
Pemerintah Kabupaten Bogor mendapat bantuan dari Universitas Pancasila untuk dapat memajukan desa. Bantuan yang diberikan berupa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UP di desa yang ada di Kabupaten Bogor. Foto R/SINDOnews/Ratna P
A A A
DEPOK - Pemerintah Kabupaten Bogor mendapat bantuan dari Universitas Pancasila untuk dapat memajukan desa. Bantuan yang diberikan berupa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UP di desa yang ada di Kabupaten Bogor. Langkah tersebut dilakukan untuk memajukan desa-desa yang ada di Kabupaten Bogor.

Kerjasama ini bukan yang pertama kali dilakukan UP di Kabupaten Bogor. Karena sebelumnya UP sudah melakukan sejumlah kegiatan di beberapa desa yang ada di Kabupaten Bogor.

"Sebelumnya kami memang sudah ada kegiatan mahasiswa UP di desa-desa di Kabupaten Bogor dalam tiga tahun terakhir namun hanya untuk fakultas yang jalan sendiri-sendiri," kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila Sri Widyastuti, Selasa (10/12/2019).

Dengan adanya program KKN di Kabupaten Bogor diharapkan dapat memajukan kehidupan masyarakat disana. Nantinya semua fakultas akan terlibat dalam memberi solusi permasalahan kepada masyarakat desa secara langsung.

"KKN nantinya tidak hanya sekalai dilakukan dan ditinggal begitu saja, tetapi akan dilakukan secara keberlanjutan 3-4 tahun agar dampaknya bagi masyarakat dapat dirasakan secara langsung dan terukur kemajuannya," ujarnya.

Ditempat yang sama, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bogor Djoko Pitoyo mengatakan pihaknya sangat terbuka untuk bekerja sama dan mengucapkan terima kasih kepada UP. "Bukan hanya UP tapi ada juga perguruan tinggi lain yang bekerjasam dengan kami," katanya.

Djoko mengatakan, biar tidak kaget jika melakukan KKN di desa-desa maka akan ditempatkan di desa maju terlebih dahulu. Ada empat tingkatan desa yaitu desa belum berkembang, kurang berkembang, desa maju dan desa mandiri.

"Kalau tempat KKN didesa mana nanti pihak kampus yang menentukan. Tapi tentunya desa yang mempunyai masalah sehingga bisa dicarikan solusinya," ucap Joko.

Dikatakannya membangun Kabupaten Bogor secara komprehensif perlu memperhatikan pembangunan dari tingkat Desa pengalokasian dana bagian Desa Maupun pengalokasian dana bagian Desa pun diserahkan sepenuhnya kepada desa yang bersumber dari APBN atau biasa disebut dana desa (DD).

Menurut dia, Kabupaten bogor sangat mendukung dan menyambut baik atas dilaksanakannya kesepakatan bersama antara pemerintah Kabupaten Bogor dan pihak Universitas Pancasila dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak dan mempercepat pelaksanaan kerjasama dalam rangka pendidikan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Kabupaten Bogor.

"Saya berharap kepada civitas akademik dari Universitas Pancasila dapat berperan aktif dengan sebaik-baiknya mengimplementasi tenaga pikiran waktu dan demi mewujudkan kebangkitan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tingkat desa sebagaimana yang kita cita-citakan bersama," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3109 seconds (0.1#10.140)