Fantastis, Kabupaten Tasikmalaya Terima Bantuan Keuangan Rp744 Miliar

Selasa, 10 Desember 2019 - 17:21 WIB
Fantastis, Kabupaten Tasikmalaya Terima Bantuan Keuangan Rp744 Miliar
Tangkapan layar daftar kabupaten/kota di Jabar penerima dana bankeu 2020. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan porsi terbesar dalam program Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 mencapai Rp744 miliar. Nilai tersebut terbilang fantastis karena jauh lebih besar dibandingkan porsi yang diterima 26 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jabar.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, daerah penerima bankeu terbesar kedua, yakni Kabupaten Pangandaran sebesar Rp596 miliar. Sedangkan Kota Banjar menjadi daerah penerima bankeu terkecil hanya Rp58 miliar. Sementara kabupaten/kota lain menerima bankeu dengan nilai bervariasi antara Rp70 miliar hingga Rp549 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jabar mengatakan, pemberian bangkeu sebesar Rp744 miliar kepada daerah asal Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum itu didasari sejumlah alasan.

Alasan tersebut, di antaranya Kabupaten Tasikmalaya berada di urutan pertama daerah dengan kawasan lindung tertinggi (65 persen) dan indeks pembangunan manusia (IPM) terendah kedua di Jabar. "Selain itu, Kabupaten Tasikmalaya juga menempati urutan keempat dengan jumlah RTM (rumah tangga miskin) di Jabar, urutan kelima daerah dengan luas terbesar di Jabar, dan urutan kelima daerah dengan capaian PAD (pendapatan asli daerah) terendah di Jabar," papar Taufik saat dimintai tanggapannya, Selasa (10/12/2019).

Namun, saat dimintai tanggapannya terkait apakah ada peran Uu Ruzhanul Ulum dalam pembagian porsi bankeu tersebut, Taufik tidak memberikan respons.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8103 seconds (0.1#10.140)