Petani-Peternak Muda KBB Didorong Lebih Inovatif agar Maju dan Sejahtera

Minggu, 08 Desember 2019 - 23:38 WIB
Petani-Peternak Muda KBB Didorong Lebih Inovatif agar Maju dan Sejahtera
Para pengurus SPP KBB deklarasi dan berkomitmen untuk mendorong petani dan peternak muda di KBB agar bisa lebih maju, inovatif, dan sejahtera, Minggu (8/12/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Serikat Petani dan Peternak (SPP) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendorong eksistensi petani dan peternak muda untuk bisa berkarya mengembangkan kreativitasnya.

Sebab, semakin banyak pemuda yang terjun menekuni bidang pertanian dan peternakan sehingga profesi ini sudah tidak bisa dipandang sebagai pekerjaan para orang tua.

"Anak muda kini sudah tidak gengsi untuk berkecimpung di dunia pertanian atau peternakan. Para petani dan peternak milenial itu yang kami dorong supaya maju dan sejahtera," kata Ketua SPP KBB, Dea Rahman seusai deklarasi SPP KBB di Lapang Centeng RT 02/07 Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, KBB, Minggu (8/12/2019).

Dea mengatakan, dari 300 anggota SPP KBB 60%-nya merupakan petani dan peternak muda. Ini menjadi sebuah kebanggaan karena mereka sangat antusias sebagai generasi penerus untuk bekerja sebagai petani dan peternak.

Deklarasi ini menjadi komitmen untuk memperhatikan kesejahteraan dan mengangkat kembali derajat para petani dan peternak khususnya di Desa Cihanjuang dan umumnya di KBB.

Diakuinya, tantangan dunia pertanian ke depan semakin berat seiring dengan semakin menyusutnya lahan imbas dari maraknya pembangunan. Belum lagi soal permodalan dan transfer ilmu pengetahuan kekinian yang masih minim, sehingga pihaknya juga akan mengadakan pelatihan pengembangan kemampuan petani dan bekerja sama dengan pihak desa, kecamatan, serta dinas terkait.

"Kami ingin mengangkat lagi derajat petani dan peternak. Apa yang bisa diperbuat, kita bersama-sama gotong royong untuk membangun dan menggali potensi yang ada. Sebab kehadiran kami ingin membantu pemerintah dan masyarakat terkait pertanian dan peternakan agar lebih maju lagi," ucapnya saat didampingi seluruh pengurus.

Kepala Desa Cihanjuang, Gagan Wirahma yang hadir pada acara deklarasi, menyambut baik dengan dideklarasikaannya SPP KBB. Ini menjadi sinyalemen positif agar ke depannya keberadaan petani dan peternak akan lebih diperhitungkan. Meski lahan pertanian memang terus berkurang, tapi di Desa Cihanjuang dari luas lahan wilayah desa 341,25 hektare, masih ada sekitar 30% lahan pertanian yang bisa dioptimalkan.

"Adanya SPP KBB ini, akan lebih memperhatikan dan membantu taraf kehidupan petani dan peternak khususnya yang ada ada di Desa Cihanjung agar lebih maju, inovatif, dan sejahtera," sebutnya.

Acara deklarasi SPP KBB ini juga dimeriahkan oleh jalan santai yang diikuti oleh sekitar 200 peserta dari tiga desa, yakni Desa Sariwangi, Cihanjuang, dan Cihanjuang Rahayu. Rute yang ditempuh dari Jalan Cihanjuang, Jalan Katumiri, Jalan Manglayang, Jalan Tutugan, serta kembali ke finis di Lapang Centeng. Warga cukup antusias mengikuti event ini, apalagi disediakan sejumlah hadiah bagi mereka yang beruntung.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.8218 seconds (0.1#10.140)