alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Porprov 2022, KONI KBB Inventarisasi Kebutuhan Anggaran Cabor

Adi Haryanto
Jelang Porprov 2022, KONI KBB Inventarisasi Kebutuhan Anggaran Cabor
Ketua Umum KONI KBB, Rian Firmansyah didampingi Sekretaris Lili Supriatna Hambali (kiri) memberikan keterangan terkait persiapan Porprov 2022. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus mematangkan persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2022.

Selain mempersiapkan sarana dan prasarana, kebutuhan anggaran setiap cabang olahraga (cabor) juga menjadi fokus perhatian karena hal ini berimbas kepada persiapan teknis masing-masing cabor.

"Kami terus melakukan persiapan sebagai tuan rumah, salah satunya melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan 21 cabor yang sudah ditetapkan pertandingannya akan digelar di KBB pada Porprov 2022," kata Ketua Umum KONI KBB, Rian Firmansyah didampingi Sekretaris, Lili Supriatna Hambali, Sabtu (7/12/2019).



Menurutnya, rakor bersama cabor dalam rangka sinkronisasi dan inventarisasi usulan dari cabor soal kebutuhan anggaran sebagai persiapan menghadapi Porprov 2022, termasuk usulan sarana prasarana yang harus dipenuhi dan akan dibangun untuk menyukseskan gelaran pertandingan 21 cabor yang akan digelar di KBB.

Semua usulan dan kebutuhan anggaran itu harus sudah diketahui mengingat sebentar lagi akan digelar RAT KONI Jabar pada 11-12 Desember 2019 di Bandung. Sehingga, semua kebutuhan anggaran dari setiap cabor bisa diajukan ke Pemda KBB, Pemprov Jabar, atau kementerian. Sebab, mengacu pada konsep dari Pemprov Jabar, penyelenggaraan Porprov 2022 harus terintegrasi antara daerah, provinsi, dan pusat.

"Kebutuhan anggaran dari masing-masing cabor belum ada gambaran. Nanti setelah rakor muncul gambarannya, sehingga kami bisa melakukan klasifikasi apakah pengajuannya ke pemda, pemprov, atau pusat," terangnya.

Berdasarkan hasil rapat dengan Pemprov Jabar, lanjut Rian, KONI KBB melalui Pemda KBB bisa mengusulkan bantuan anggaran ataupun infrastruktur kepada Pemprov Jabar maupun kementerian. Terkait hal tersebut, pihaknya selalu berkoordinasi dengan leading sector, seperti Dispora, PUPR, Disdik, dan Bapelitbangda KBB untuk mengetahui kebutuhan sarana prasarana untuk menyukseskan Porprov 2022 di KBB.

"Kami tidak mau main-main dalam persiapan mengingat target tiga besar yang dibebankan Pemda KBB bukan hal yang mudah. Di akhir Desember nanti, kami juga akan merampungkan pembentukan Pelatkab untuk Porprov dimana jumlah total atlet, official, hingga mekanik mencapai sekitar 1.000 orang," pungkasnya.



(abs)