Kemenpora Dorong Milenial Tingkatkan Wawasan Ekonomi Kreatif

Sabtu, 07 Desember 2019 - 13:52 WIB
Kemenpora Dorong Milenial Tingkatkan Wawasan Ekonomi Kreatif
Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaidi memberikan sambutan dalam ajang Festival Pemuda Kreatif di Kota Cimahi, Sabtu (8/12/2019). Foto/Dok.Kemenpora RI
A A A
CIMAHI - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) mendorong generasi muda untuk meningkatkan wawasan tentang ekonomi kreatif demi terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Salah satu wujud dorongan yang diberikan lewat ajang Festival Pemuda Kreatif yang digelar di Lapangan Kompleks Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi di Jalan Raden Demang Hardjakusuma, Kota Cimahi, Sabtu (7/12/2019).

Ajang yang digagas lewat kolaborasi Kemenpora RI dan Pemkot Cimahi itu sebagai langkah untuk membangun semangat kalangan milenial tersebut, khususnya di Kota Cimahi, agar mempunyai atensi yang besar dalam upaya peningkatan wawasan ekonomi kreatif.

"Selain memberikan motivasi, di harapkan ke depan ada sinergi lebih untuk mendorong kepada pemerintah daerah, khususnya Kota Cimahi untuk bisa memfasilitasi anak-anak muda lokal melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga," ujar Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora RI, Djunaidi di sela-sela Festival Pemuda Kreatif.

Kegiatan ini pun bertujuan untuk memfasilitasi anak-anak muda di Kota Cimahi menampilkan karya-karya kreatifnya. Hal tersebut terlihat dalam pameran yang menampilkan 16 sektor ekonomi kreatif, di antaranya kriya, grafika, fesyen, film, musik, kuliner, hingga teknologi informasi (TI).

"Saya tadi melihat ada produk bagus di pameran ini, yaitu pameran robotik dari mahasiswa salah satu perguruan tinggi. Saya kira produk robotnya itu bisa ditampilkan di festival atau lomba-lomba internasional," katanya.

Kemenpora Dorong Milenial Tingkatkan Wawasan Ekonomi Kreatif


Selain di Kota Cimahi, kata Djunaidi, Kemenpora RI juga telah melakukan kegiatan serupa di beberapa kabupaten/kota lain di Indonesia, yaitu Gorontalo, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Tangerang, Kupang, hingga Timika.

"Jadi tidak banyak, masih terbatas. Mudah mudahan ke depan lebih banyak lagi," imbuhnya.

Selain memberikan motivasi, pihaknya juga menekankan pembentukan watak atau karakter kreatif. Menurut dia, pengembangan karakter kreatif harus dimulai dari keluarga. Setelah itu, baru diperkuat di lingkungan, sekolah, hingga perguruan tinggi.

"Tapi basic-nya kembali lagi dari keluarga, dari orang tua pembentukan apapun," katanya.

Masih di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan menilai, semangat kegiatan Festival Pemuda Kreatif sejalan dengan misi yang diusung Pemkot Cimahi, yakni berupaya menyiapkan SDM yang unggul, tak terkecuali di sektor ekonomi kreatif.

"Kita bercita-cita memang di Cimahi ini banyak generasi muda yang unggul, yang siap bersaing. Jadi ini satu hal yang harus dimanfaatkan, harus diapresiasi," katanya.

Untuk mendorong kualitas SDM ini, Pemkot Cimahi juga telah mendirikan Cimahi Techno Park (CTP) sebagai wadah untuk pengembangan kreativitas pemuda di Kota Cimahi, khususnya di sektor TI.

"Belum lagi membicarakan apa yang kami lakukan di tingkat sekolah. Jadi, ini semua kami lakukan dan mudah-mudahan bisa memberikan manfaat yang cukup positif untuk mempersiapkan generasi Cimahi menjadi generasi yang hebat," tandasnya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9093 seconds (0.1#10.140)