alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hujan Guyur Bandung 4 Jam, Banjaran Direndam Banjir 2 Meter

Agus Warsudi
Hujan Guyur Bandung 4 Jam, Banjaran Direndam Banjir 2 Meter
Tim SAR mengevakuasi warga Kamasan untuk mengungsi ke tempat aman. Foto/Humas Kantor SAR Bandung

BANDUNG - Hujan deras yang mengguyur Bandung Raya selama kurang lebih empat jam menyebabkan debit air Sungai Citarum meluap hingga mengakibatkan beberapa kawasan terendam banjir, Jumat (6/12/2019) malam.

Kawasan paling terdampak adalah Desa Kamasan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Tinggi air yang merendam Desa Kamasan rata-rata mencapai 2 meter.

Terdapat 12 rukun warga (RW) yang terendam banjir dengan jumlah warga terdampak 2.400 kepala keluarga (KK) atau 4.000 jiwa. Sebagian warga mengungsi ke Balai Desa Kamasan.



Sejak semalam tim rescue dari Kantor Search and Rescue (SAR) Bandung telah siaga di lokasi melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir untuk mengungsi ke tempat aman.

"Pukul 23.00 WIB, tim tiba di lapangan dan langsung berkoordinasi dengan unsur SAR setempat serta segera melakukan evakuasi warga," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah.

Selain Desa Kamasan, ujar Deden, kawasan yang terdampak banjir cukup parah, yaitu Desa Bugel, Perum Jati, dan Cipeundey Kecamatan Banjaran.

"Jumlah jiwa terdampak banjir di Desa Kamasan berjumlah 4.000 orang. Semua mengungsi d kantor Desa Kamasan," ujar dia.

Hingga pukul 02.00 pada Sabtu (07/12/2019) tim SAR Gabungan masih di lokasi untuk memastikan warga sudah tidak memerlukan bantuan evakuasi.

"Pada puku 02.30 melalui pantauan tim di lapangan, air sudah mulai surut dan tidak ada warga yang memerlukan evakuasi serta akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan," tutur Deden.

Selain Kantor SAR Bandung, ungkap dia, unsur SAR yang berada di lapangan antara lain, Polsek Banjaran, Koramil Kotabaru, BPBD Karawang, Tagana Kabupaten Bandung, PMI, FKPPI, ACT, RMI Bandung, dan YKPA Bandung



(awd)