alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lawan Gempuran Apparel Impor, Anak Muda Bandung Bangun Kartelokal

Agung Bakti Sarasa
Lawan Gempuran Apparel Impor, Anak Muda Bandung Bangun Kartelokal
Kartelokal kembali menggelar kegiatan bertajuk Storeless Warehouse Sale di Backyaard Collective, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, 6-8 Desember 2019 mendatang. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Sekumpulan anak-anak muda kreatif dan inovatif Kota Bandung berkomplot menggagas Kartelokal untuk menyikapi gempuran produk apparel impor yang membanjiri pasar dalam negeri.

Mengambil kata dari kartel dan lokal, Kartelokal merepresentasikan perkumpulan atau komplotan yang ingin menunjukkan ciri khas, identitas budaya, dan kearifan lokal lewat pendekatan modern yang memberikan dampak ekonomi, sosial, hingga politik.

Lewat gerakan tersebut, Kartelokal kembali menggagas sebuah acara bertajuk Storeless Warehouse Sale di Backyaard Collective, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, 6-8 Desember 2019 mendatang.



Di edisi keduanya itu, Kartelokal ingin menyajikan nuansa berbelanja produk fashion dan aksesorisnya itu dengan pengalaman yang berbeda. "Ini bagian kegelisahan kami dengan gempuran produk impor, makanya kami buat movement, sharing ilmu berbisnis, bagaimana bahan material, tujuannya agar kami kuat, lokalnya berdaya," kata inisiator Kartelokal Ryanda dalam Konferensi Pers di Backyaard Collective, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Jumat (6/12/2019).

Pihaknya optimistis, ajang Storeless Warehouse Sale yang melibatkan 23 merek lokal Bandung ini mampu membangkitkan kecintaan terhadap produk lokal. Terlebih, acara ini pun akan diisi pula sesi berbagi terkait dunia wirausaha serta hadirnya berbagai sajian kuliner khas Bandung.

Untuk datang ke acara ini, pengunjung hanya dikenai tiket Rp10.000 saja. Dengan harga tiket yang terjangkau itu, pengunjung tidak hanya mendapatkan pengalaman berbelanja yang beda, namun juga bisa mendapatkan berbagai produk apparel berkualitas dengan harga miring.

"Pagelaran ini pun tentunya akan menjadi ajang silaturahmi untuk insan muda yang senang dengan industri kreatif. Akan ada agenda menarik, seperti #Sharingcuange dan #Temurasa #sharekitchen," ujar Ryanda.

Sementara itu, Manajer Sponsorship Kartelokal Vinka Salsabila menuturkan, di ajang ini pun, para pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para pelaku usaha. Utamanya, terkait rahasia sukses berbisnis. "Kami juga akan membahas seputar perekonomian terkini dan bisnis apa yang bisa digarap bersama-sama," tutur Vinka.

Berkaca pada antusiasme pengunjung di gelaran serupa sebelumnya, pihaknya mematok target menghadirkan 3.000 pengunjung selama acara digelar. "Kami belanja bukan sekedar belanja, kami juga dapat ilmu. Untuk wirausahawan, kami punya beberapa sponsor yang akan sharing terkait kesulitan dalam berbisnis," ujar dia.

Dalam Storeless Warehouse Sale kali ini, Kartelokal menyajikan apparel lokal yang dipastikan tidak kalah saing dengan produk impor, di antaranya NIION, Save My Monday, Jack Hammer, Footstep Footwear, Applecoast, Fresher, W Essential, Ggoodstuff, Northy, Amble Id, Wallts, Woodka, Tuska Bag, Walko Shoes, Wlack dan Bhite, Noore, Lefarra, dan UH!.

Berbagai sajian kuliner khas Bandung pun tersaji sebagai penghilang lapar dan haus pengunjung, di antaranya Warung Durma, Warung Tiasa, Mie Merapi, Martabak Mertua, Baso Aci Masjay, Contrast Coffee, dan King Thai Tea. Selain itu, pengujung pun dapat menikmati pengalaman lain dari Kamengski X ISP X Heivyweight.



(awd)

preload video