alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

500 Ribu Warga Majalengka Peserta BPJS Kesehatan Jenis PBI

Inin Nastain
500 Ribu Warga Majalengka Peserta BPJS Kesehatan Jenis PBI
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi

MAJALENGKA - Sekitar 500 ribu warga Kabupaten Majalengka tercatat sebagai peserta BPJS Kesehatan jenis Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Jumlah peserta BPJS Kesehatan PBI yang disubsidi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu, lebih banyak dibanding yang mendapatkan subsidi dari APBD Kabupaten Majalengka.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Majalengka Erra Widayati mengatakan, hingga saat ini tercatat sebanyak 61.760 peserta. dari kalangan PBI yang dibiayai Pemda. Adapun PBI dari APBN tercatat sebanyak 490.000 orang.



"Kami hanya menerima datanya saja. Yang mendata kan pemerintah. Alhamdulillah, untuk peserta PBI ini lancar, nggak ada tunggakan," kata Erra kepada SINDONews, Kamis (5/12/2019).

Dalam pelaksanaannya, ujar Erra, terdapat beberapa perbedaan antara peserta PBI dan non PBI. Bagi peserta PBI, saat menjalani rawat inap di Rumah Sakit, mereka tidak bisa naik kelas ke ruang yang levelnya lebih tinggi.

"Untuk PBI ini hanya kelas 3. Ketika rawat inap, yang bersangkutan tidak bisa naik ke kelas 2 atau 1," ujar dia.

"Layanan lainnya, tutur Erra, sama dengan peserta dari non PBI. Tidak ada batas penggunaan. Misalnya saja, PBI dibatasi hanya bisa dilayani hingga Rp1 miliar. Nggak ada aturan seperti itu. Selama sesuai indikasi medis memerlukan pelayanan kesehatan maka dijamin," tutur Erra.

Terkait masa berlaku kepesertaan BPJS Kesehatan PBI, ungkap Erra, penerima masih dianggap berhak mendapat pelayanan dengan jaminan BPJS PBI selama kepemilikan kartunya tidak dicabut oleh pemerintah.



(awd)