Kapolda Jabar Resmikan Peningkatan Tipe Polresta Cirebon

Rabu, 04 Desember 2019 - 19:19 WIB
Kapolda Jabar Resmikan Peningkatan Tipe Polresta Cirebon
Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menekan tombol peresmian Polresta Cirebon. Foto/Humas Polda Jabar
A A A
CIREBON - Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menekan tombol peresmian peningkatan tipe Kepolisian Resor (Polres) Cirebon menjadi Polres Kota Cirebon, Rabu (4/12/2019).

Peningkataan tipe tersebut berdasarkan surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia Nomor B/849/M.KT.01/2019 tanggal 18 September 2019 perihal Peningkatan tipe dan pembentukan Polres.

Sekilas sejarah nomenklatur Polresta Cirebon berdiri pada 1979 dengan nama Polres 852. Pada 1984 berubah nama menjadi Polres Cirebon. Kemudian pada 2019 berubah tipe menjadi Polresta Cirebon.

Saat ini, Polresta Cirebon yang dipimpin AKBP M Syahduddi terdiri dari 27 kepolisian sektor (polsek), lima di antaranya tipe urban dan 22 lainnya bertipe rural. Wilayah hukum Polresta Cirebon membawahi 34 kecamatan, 351 desa dan 12 kelurahan.

Sedangkan jumlah personel 1.383 orang. Sementara jumlah penduduk Kabupaten Cirebon yang harus dilayani sebanyak 1.803.067. Dengan demikian, rasio polri berbanding dengan masyarakat yang harus dilayani adalah 1:1.304.

Dalam sambutannya, Rudy mengatakan, dengan peningkatan tipe menjadi Polresta Cirebon, Polri akan dilakukan penyesuaian organisasi, anggaran, sarana dan prasaran, termasuk penambahan personel sesuai kebutuhan ideal.

"Penyesuaian ini dilakukan secara bertahap dan menurut skala prioritas, sesuai kebutuhan ideal perkembangan Polres Cirebon menjadi Polresta Cirebon," kata Rudy.

Menurut Kapolda, secara umum kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polresta Cirebon saat ini dalam keadaan aman dan kondusif. Hal ini bisa tercapai berkat dukungan dan sinergitas dengan seluruh elemen masyarakat.

Dia berharap sinergritas yang telah terbangun dengan baik ini dapat terus ditingkatkan. Wujudkan situasi kamtibmas aman dan kondusif dengan memberantas curas, curat, dan curanmor serta narkoba yang sangat meresahkan masyarakat.

"Seiring dengan peningkatan tipe menjadi Polresta Cirebon, diharapkan segenap anggota dapat meningkatkan semangat pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan peningkatan mobilitas dan frekuensi kinerja dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terbaik," ujar Kapolda.

"Sebagaimana kebijakan kapolri agar segenap anggota polri meningkatkan profesionalisme, modernisasi dan kepercayaan kepada masyarakat guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong," tandas Rudy.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6309 seconds (0.1#10.140)