Yasonna Pun Pastikan Pemerintah RI Tak Cekal Habib Rizieq

Rabu, 04 Desember 2019 - 18:14 WIB
Yasonna Pun Pastikan Pemerintah RI Tak Cekal Habib Rizieq
Habib Rizieq Syihab di tengah massa FPI. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BANDUNG - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly memastikan Pemerintah Indonesia tak mencekal Habib Rizieq Syihab. Pemerintah pun tak menghalangi imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu untuk kembali ke Indonesia.

"Nggak ada itu pencekalan di Indonesia. Nggak ada upaya kami (Pemerintah RI) melakukan itu," kata Yasonna di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (4/12/2019).

Menurut Yasonna, setiap warga negara tidak dapat dihalangi untuk ke negaranya, termasuk Habib Rizieq. "Tidak ada halangan bagi setiap orang termasuk Rizieq untuk datang ke negara Indonesia. Negara di mana beliau (Rizieq) tinggal itu (Arab Saudi), tidak ada urusan kita (Indonesia)," ujar Menkum HAM.

Diketahui, pernyataan serupa juga disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD yang memastikan Pemerintah RI tak mencekal Rizieq Shihab untuk kembali ke Indonesia.

Mahfud mengungkapkan, justru Rizieq tak pernah melapor tentang masalah yang dialaminya ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi.

"Tidak ada sama sekali pencekalan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Kami tidak bisa berbuat apa-apa karena urusannya bukan dengan Pemerintah Indonesia sebenarnya," kata Mahfud saat memberikan keterangan pers di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5437 seconds (0.1#10.140)