Kemenkominfo Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Gapura Asian Games 2018

Senin, 10 September 2018 - 19:37 WIB
Kemenkominfo Serahkan Hadiah kepada Pemenang Lomba Gapura Asian Games 2018
Perwakilan Kemenkominfo berfoto bersama warga Kompleks Permata Padalarang, Blok D1 Nomor 7, RT 04/07, Desa Jaya Mekar, Padalarang, KBB, seusai penyerahan hadiah juara pertama lomba Kreasikan Gapuramu Asian Games 2018 senilai Rp25 juta. Foto/SINDOnews/Ad
A A A
BANDUNG BARAT - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyerahkan hadiah kepada pemenang "Lomba Kreasikan Gapuramu Asian Games 2018" yang diraih oleh warga Kompleks Permata Padalarang, Blok D1 Nomor 7, RT 04/07, Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pemberian hadiah dilakukan oleh Kasubdit Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen IKP KemenKominfo Helmi Hafid kepada perwakilan warga. Penyerahan hadiah juga dihadiri oleh Kadiskominfo KBB Ludi Awaludin dan Kepala Desa Jayamekar Siti Khoeriah.

"Sebagai bentuk apresiasi masyarakat yang kreatif dalam rangkaian sosialisasi Asian Games melalui lomba gapura, kami serahkan hadiah pertama sebesar Rp25 juta kepada warga di Kompleks Permata Padalarang, Desa Jaya Mekar, Padalarang ini," kata Helmi kepada wartawan.

Dia mengemukakan, pemberian hadiah sebagai bentuk kehadiran dan perhatian pemerintah yang diwakili Kementerian Kominfo kepada masyarakat. Dia juga sangat mengapresiasi kreativitas dan hasil karya warga Kompleks Permata Padalarang dan berhasil mengalahkan 1.029 peserta lain dari 27 provinsi yang masuk dan diseleksi oleh lima juri dari Kominfo, Inasgoc, dan Praktisi Komunikasi.

"Juara satu gapura di sini (Kompleks Permata Padalarang), kedua di Kabupaten OKU Timur dapat hadiah Rp15 juta, ketiga di Cilegon Rp10 juta, serta 25 hadiah bagi pemenang hiburan masing-masing Rp3,5 juta. Kriteria yang dinilai di antaranya mencakup komponen kreativitas, visual, desain, bahan yang dipakai, dan lain-lain," ujar dia.

Helmi menuturkan, animo peserta dalam lomba ini sangat tinggi dan sama besarnya dengan sambutan kepada event Asian Games. Ini dikarenakan setelah 62 tahun menunggu, baru kali ini Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games. Hasilnya Indonesia sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan yang baik, sukses dalam prestasi, sukses ekonomi, dan juga sukses dalam administrasi.

Koordinator warga Kompleks Permata Padalarang Blok D Dede Rahmat (36) mengungkapkan, ide membuat gapura itu awalnya hanya untuk perayaan 17 Agustus. Namun karena ada perlombaan gapura Asian Games 2018 dengan tema Energy of Asia, maka pembuatan gapura akhirnya mengombinasikan antara tema perjuangan dan Asian Games.

Selain menonjolkan aspek seni pewarnaan dan tata kelola lampu, gapura ini dibuat hidup dengan menggunakan tenaga listrik. Hal tersebut yang diyakini menjadi pembeda sehingga akhirnya bisa juara.

"Kalau dulu waktu kami juara perlombaan Kampung Piala Dunia hadiahnya dipakai untuk parasmanan dan halal bi halal warga se-kompleks. Sekarang hadiah uangnya buat infaq ke masjid kompleks, beli peralatan lomba berikutnya, dan sisanya untuk piknik warga," kata Dede kepada SINDOnews, Senin (10/9/2018).
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9726 seconds (0.1#10.140)