alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bantu Sukseskan Pilkada Serentak, Linmas Digembleng di Dodiklat Bela Negara

Adi Haryanto
Bantu Sukseskan Pilkada Serentak, Linmas Digembleng di Dodiklat Bela Negara
Anggota Linmas dari beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat mengikuti penggemblengan dan pelatihan di Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (3/12/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Anggota Linmas dari delapan kota/kabupaten di Jawa Barat digembleng di Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Selasa (3/12/2019). Mereka diberi pendidikan oleh personel kepolisian dan TNI agar siap dalam turut serta membantu menjaga ketertiban di masyarakat dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Barat Haryadi Wargadibrata mengatakan, materi pelatihan di Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi ini mencakup pengetahuan terkait undang-undang hingga pelatihan fisik. Linmas harus dilatih karena di kalangan masyarakat mereka yang sukarela menjaga ketenteraman dan melindungi masyarakat.

"Linmas ini ada yang berusia muda dan ada juga yang lanjut usia. Peran mereka sangat penting, makanya mereka dilatih fisik dan mental supaya kuat dalam menjaga ketenteraman dan melindungi masyarakat," ucapnya saat ditemui seusai Jambore Linmas di Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi Lembang, Selasa (3/12/2019).



Pihaknya bekerja sama dengan Dodiklat Bela Negara Rindam III/Siliwangi dan anggota kepolisian untuk melatih dan meningkatkan pengetahuan para Linmas. Sebagai pelindung masyarakat mereka juga dapat berperan menangkal dan mencegah aksi radikalisme dan terorisme yang saat ini meresahkan masyarakat. Oleh sebab itu, wawasan pengetahuan terkait bahaya radikalisme juga disampaikan dalam pelatihan.

"Eksistensi Linmas ini sangat diperlukan. Mereka bisa menangkal radikalisme dan terorisme karena mereka merupakan orang yang paling dekat dengan masyarakat dan bisa mengayomi mulai dari tingkat RT, RW, desa/kelurahan, hingga kecamatan," sebutnya.

Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusnohadi mengatakan, pelatihan anggota Linmas untuk meningkatkan karakter dan tingkat disiplin tapi tidak akan dilatih secara militer. Diharapkan seusai mengikuti pelatihan oleh anggota TNI dapat meningkatkan pemahaman kebangsaan para Linmas. "Pelatihan bela negara ini tidak harus militerisme, sebab dengan hal seperti ini Linmas juga pasti memiliki karakter," ucapnya.

Sementara Direktur Satpol PP dan Linmas Kementerian Dalam Negeri Arif M Edi menilai, tujuan digelarnya Jambore Linmas salah satunya agar dapat menangkal radikalisme dan terorisme. Linmas adalah unjung tombak di masyarakat sehingga dapat diandalkan dalam mendeteksi dini keamanan negara. Untuk menangkal radikalisme dan terorisme mereka dituntut peka terhadap lingkungan terutama harus mengetahui kehidupan orang baru yang ada di lingkungan sekitar.

"Salah satu tugas pokok Linmas adalah mengenali warga di kawasan mereka. Linamas harus tahu siapa orang baru di lingkungannya atau kalau ada keributan mereka juga bisa menyelesaikan," ucapnya.



(zik)