alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Aliran Listrik Mati, Pelayanan Publik di Pemkot Cimahi Terganggu

Adi Haryanto
Aliran Listrik Mati, Pelayanan Publik di Pemkot Cimahi Terganggu
Pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Disdukcapil Kota Cimahi yang belum pulih 100% akibat sempat padamnya aliran listrik, membuat pelayanan KTP, KK, surat pindah, dll, menjadi terhambat. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

CIMAHI - Pelayanan publik pada sejumlah dinas di lingkungan Pemkot Cimahi terganggu akibat terjadi pemadaman aliran listrik sejak Minggu (1/12/2019) sore dan hingga Selasa (3/12/2019) belum pulih 100%. Pelayanan yang paling berdampak adalah pengurusan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Pantauan di Kantor Disdukcapil Cimahi, masyarakat tampak mengantre di loket pelayanan untuk mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan. Meskipun listrik sudah mulai menyala namun pelayanan belum bisa dilakukan maksimal. Kondisi ini akhirnya membuat sejumlah warga terpaksa harus menunda untuk mengurus keperluan mereka.

"Senin kemarin saya sempat ke sini, tapi listrik mati. Hari ini datang lagi, tapi tadi disarankan nunggu atau kembali besok karena server error akibat listrik mati," kata salah seorang warga Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Mimi Midawati (44) yang akan mengurus surat pindah dan pembuatan KK, Selasa (3/12/2019).



Terkait persoalan ini, Sekretaris Disdukcapil Kota Cimahi Yoshepina Dewani menyebutkan, sejak terjadi pemadaman listrik otomatis berdampak terhadap lumpuhnya seluruh pelayanan. Seperti untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, surat pindah, dan sebagainya. Ini dikarenakan seluruh pelayanan Disdukcapil sudah menggunakan sistem, sehingga ketika listrik mati maka sistem jadi terganggu.

Pihaknya sempat mencoba menunggu listrik menyala, karena memang layanan Disdukcapil ini membutuhkan tenaga listrik. Upaya sementara yang dilakukan adalah dengan menyalakan genset yang ada di Pemkot Cimahi, namun hal itu tak bertahan lama. Atas permasalahan teknis ini, pihaknya berharap masyarakat bisa memaklumi. Sebab, ketika server pelayanan mati hal itu membutuhkan waktu untuk menstabilkannya kembali.

"Listrik mati otomatis server juga, dan karena gak ada back up server di sini maka nggak bisa melayani. Atas ketidaknyamanan ini kami memohon maaf kepada masyarakat, semoga saja bisa kembali normal secepatnya," kata dia.

Sementara Asisten III Bidang Administrasi Umum Kota Cimahi Tata Wikanta menjelaskan, padamnya aliran listrik di lingkungan Pemkot Cimahi terjadi sejak Minggu sore. Penyebabnya, ada kerusakan jaringan listrik akibat hujan besar dan hingga Senin ternyata listrik masih belum menyala. Genset sempat dihidupkan agar pelayanan di Pemkot Cimahi tetap berjalan, namun sekitar pukul 10.00 WIB genset tidak terkontrol sehingga akhirnya mati.

"Genset sempet dinyalain tapi karena tidak terkontrol solarnya habis. Begitu diisi (solar), genset macet sampai siang gak bisa dipakai. Tapi alhamdulillah tadi (Selasa) pagi dicoba, genset nyala," tuturnya.



(zik)