PDAM Bakal Suplai Air ke 4.500 Rumah Podomoro Park di Bandung Selatan

Rabu, 25 Juli 2018 - 16:40 WIB
PDAM Bakal Suplai Air ke 4.500 Rumah Podomoro Park di Bandung Selatan
Manajemen PT Pesona Mitra Kembar Mas, pengembang Perumahan Podomoro Park dan PDAM Tirta Raharja saat penandatangan nota kesepahaman di Podomoro Paviliun, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (25/7/2018). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - PDAM Tirta Raharja bakal menyuplai kebutuhan air bersih sekitar 4.500 perumahan baru kelas menengah atas di kawasan Podomoro Park, di Buahbatu, Kabupaten Bandung.

Direktur Utama PDAM Tirta Raharja Rudie Kusmayadi mengatakan, MoU antara Agung Podomoro dengan PDAM Tirta Raharja dalam bentuk penyediaan air bersih di Kompleks Perumahan Agung Podomoro Park. Kawasan perumahan elite itu sepenuhnya akan mengandalkan suplai air dari PDAM Tirta Raharja.

"Ini lompatan cukup besar bagi kami. Ada sekitar 4.500 rumah di Podomoro Park yang akan tergabung menjadi pelanggan Tirta Raharja. Ini akan akan mendongkrak pelanggan kami, yang artinya, cakupan ke masyarakat juga akan bertambah," kata Rudie seusai penandatangan MoU dengan PT Pesona Mitra Kembar Mas, pengembang Perumahan Podomoro Park, di Podomoro Paviliun, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (25/7/2018).

Menurutnya, saat ini PDAM Tirta Raharja baru meng-cover 14% dari sekitar 3,7 juta warga Kabupaten Bandung. Persoalan geografis dan penduduk yang menyebar menyebabkan coverage penyaluran air bersih ke seluruh warga Kabupaten Bandung belum bisa terpenuhi seluruhnya.

Dia mengaku, untuk menyuplai kebutuhan air di Podomoro Park, PDAM Tirta Raharja harus menyiapkan sekitar 45-50 liter air per detik. Dengan asumsi, konsumsi normal setiap rumah tangga sekitar 0,01 liter per detik.

Untuk mendukung permintaan tersebut, PDAM Tirta Raharja akan memaksimalkan infrastruktur pendukung. Misalnya memaksimalkan mata air di Ciparai, Kabupaten Bandung yang saat ini kemampuannya mencapai 400 liter per detik. Tirta Raharja juga akan menerima suplai air dari jaringan gabungan dengan Kota Bandung antara 500-600 liter per detik.

"Kami punya waktu satu tahun untuk mempersiapkan semuanya. Karena yang dilayani menengah atas dan ribuan rumah. Sehingga perlu pelayanan ekstra. Harapan kerja sama ini memberi kontribusi kepada masyarakat, atas air bersih," jelas dia.

CEO Agung Podomoro Bandung Susanto Ong mengatakan, kerja sama ini diharapkan menguntungkan kedua belah pihak. Podomoro Park hanya akan mengandalkan air bersih dari Tirta Raharja.

"Saya yakin, dengan kemampuan Tirta Raharja, kebutuhan air Podomoro Park bisa terpenuhi dari sisi kualitas dan kuantitasnya," kata dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4304 seconds (0.1#10.140)