Kekeringan, Produksi Listrik PLTA Berkurang 50 Persen

Jum'at, 29 November 2019 - 14:35 WIB
Kekeringan, Produksi Listrik PLTA Berkurang 50 Persen
PLTA Lamajan. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Produksi listrik di sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Bandung, Jawa Barat, tercatat mengalami penurunan sekitar 50% akibat kekeringan. Keadaan tersebut terjadi sejak tahun 2000.

MSL Saguling POMU Novy Heryanto mengatakan, kekeringan yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir berdampak pada kinerja produksi listrik terutama di wilayah Saguling, meliputi PLTA Lamajan, Plengan, dan Cikalong.

"Memang dalam 20 tahun ke belakang dampak kekeringan berpengaruh. Itu akibat sedimentasi dan pendangkalan akibat gundulnya kondisi hutan di hulu," kata Novy saat kunjungan ke PLTA Lamajan, Kabupaten Bandung, Jumat (29/11/2019).

Menurut dia, kurangnya produksi listrik dari PLTA karena volume air yang terus berkurang. Misalnya daya volume air yang mestinya tertampung mencapai 1.000 meter kubik, hanya menjadi 600 meter kubik.

"Mestinya penggunaan air bisa dipakai sepanjang tahun, tapi ini terus berkurang. Harusnya saat beroperasi di pola kering 12 jam, jadi hanya 6 jam. Antara 5 sore hingga 10 malam. Produksi listrik juga berkurang. Mungkin kurangnya sekitar 50%," beber dia.

Menurut dia, kurangnya volume air akibat kurangnya lahan serapan. Saat hujan turun, air langsung ke sungai dan tidak terserap di hulu sehingga mengurangi daya dukung waduk. Mestinya berusia 50 tahun, jadi lebih muda.

"Sedimentasi akan sangat berpengaruh, termasuk penebangan alam. Makanya kami coba tata kembali hulu yang rusak. Kami konsen lakukan reboisasi. Memberi kesadaran kepada mayarakat."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0162 seconds (0.1#10.140)