PLN Jawa Barat Tanam 15.000 Pohon

Jum'at, 29 November 2019 - 14:22 WIB
PLN Jawa Barat Tanam 15.000 Pohon
PLN UID Jawa Barat menanam sekitar 15.000 pohon di sejumlah wilayah, dalam rangka mengurangi emisi udara dan perubahan iklim. Foto Dok/Humas PLN
A A A
BANDUNG - PLN UID Jawa Barat menanam sekitar 15.000 pohon di sejumlah wilayah, dalam rangka mengurangi emisi udara dan perubahan iklim. Penanaman pohon di Jabar sebagai program PT PLN (Persero) yang dilakukan secara serentak di seluruh unit induk. Targetnya, penanaman sekurang-kurangnya sebanyak 21.000 pohon produktif di seluruh Indonesia.

Senior Manager Distribusi PLN UID Jabar Hendra Slamet Riyadi menyatakan, kegiatan ini sebagai wujud dari komitmen PLN untuk terus menjalankan bidang usaha yang berwawasan lingkungan. PLN Peduli secara konsisten terus berkontribusi dalam berbagai program untuk meningkat kualitas kehidupan masyarakat termasuk kualitas lingkungan hidup.

Tujuan program ini adalah untuk mengurangi emisi udara serta mendukung mitigasi perubahan iklim. PLN melaksanakan program penanaman pohon produktif disekitar pembangkit/pantai (mangrove) dengan konsep pemberdayaan masyarakat.

Untuk merealisasikan program ini, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat menggandeng Yayasan Buana Hijau Sejahtera selaku konseptor sekaligus pelaksana. Pelaksanaan seremoni penanaman pohon dilaksanakan di Pondok Pesantren Mafaza Indonesia, Cibiuk, Limbangan, Kabupaten Garut dengan melibatkan puuhan santri di ponpes tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut, Senior Manager Distribusi PLN UID Jabar Hendra Slamet Riyadi, Manager PLN UP3 Garut Fauzan, Perwakilan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, serta Pimpinan Pondok Pesantren Mafaza Indonesia.

Dalam kesempatan Hari Menanam Pohon Tahun 2019 ini PLN UID Jawa Barat merencanakan menanam setidaknya 15.000 tanaman di sejumlah lokasi tersebar di wilayah Jawa Barat. Ke depan, lokasi-lokasi penanaman pohon tersebut akan dikembangkan menjadi Pusat Koleksi Tanaman atau Arboretum yang memuat koleksi tanaman produksi berupa buah tropis dan tanaman endemik khas Jawa Barat.

Penanaman pohon yang dilakukan PLN UID Jawa Barat sejak tahun 2018 memiliki konsep pemberdayaan dengan menggandeng lembaga pendidikan termasuk komunitas-komunitas kemasyarakatan untuk menghijaukan lahan-lahan gundul yang amat kritis bagi kelangsungan ekosistem lingkungan di sejumlah wilayah.

"PLN UID Jawa Barat memandang konsep Arboretum yang disusung dalam program penanaman pohon dalam kurun waktu dua tahun terakhir merupakan konsep konservasi lingkungan yang mempunyai banyak aspek keunggulan serta konsep pembedayaan yang terarah dan berkesinambungan. Kami berharap dukungan dari berbagai pemangku kepentingan dapat memberi spirit bagi PLN untuk terus berkarya menghasilkan karya-karya pemberdayaan yang monumental dan bernilai tambah bagi masyarakat."

Pohon-pohon yang ditanam pada program Hari Menanam Pohon kali ini di antaranya, pohon durian, pohon nangka, pohon manggis, kopi, pohon manglid, dan pohon suren.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6940 seconds (0.1#10.140)