PT ILB Gelontorkan Rp185 Miliar untuk Proyek PLTM Kertamukti

Kamis, 28 November 2019 - 23:21 WIB
PT ILB Gelontorkan Rp185 Miliar untuk Proyek PLTM Kertamukti
PT ILB dan PT Metaphora Andalan Utama menandatangani kesepakatan kerja sama pendanaan proyek PLTM Kertamukti, Kamis (28/11/2019). Foto/Dok.PT Jasa Sarana
A A A
BANDUNG - PT ICDX Logistik Berikat (ILB) dan PT Metaphora Andalan Utama, salah satu anak perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jabar PT Jasa Sarana sepakat bekerja sama dalam pendanaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) Kertamukti.

Kerja sama pendanaan tersebut dilakukan lewat skema supply chain financing. Kerja sama pendanaan proyek PLTM yang terletak di Desa Kertamukti, Kecamatan Kertamukti, Kabupaten Sukabumi itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian pendanaan di Kantor ILB, Kamis (28/11/2019).

Kerja sama pendanaan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Head of Agreement antara PT Jasa Sarana dan PT ILB yang difasilitasi oleh PINA Center for Private Investment beberapa waktu lalu.

Direktur Utama PT ILB Petrus Tjandra mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang digarap PT Metaphora Andalan Utama sebagai pemilik konsesi PLTM Kertamukti.

"Hari ini, kami telah menandatangani perjanjian mengenai komitmen pendanaan senilai Rp185 miliar kepada PT Metaphora Andalan Utama berupa pengadaan supply kebutuhan pekerjaan, termasuk material, mesin, turbin serta tidak terbatas pada kebutuhan lainnya," terang Tjandra dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Kamis (28/11/2019).

Menurut dia, dalam kerja sama tersebut, pihaknya berencana memaksimalkan penggunaan produk dalam negeri, seperti alat berat produksi PT Pindad dalam pengerjaan proyek tersebut. "Ini proyek ada di Jawa Barat, milik BUMD Jawa Barat, dan akan memakai alat berat produk dalam negeri yang pabriknya juga ada di Jawa Barat," katanya.

Sementara itu, Direktur PT Jasa Sarana Dyah Wahjusari mengatakan, penandatanganan kerja sama pendanaan ini merupakan langkah konkret PT Jasa Sarana dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Jabar.

"Dengan skema dari PT ICDX Logistik Berikat ini, saat ini perbankan cukup memberikan SKBDN dan akan menjadi kredit investasi setelah Comercial Operating Date (COD) PLTM Kertamukti. PT Metaphora Andalan Utama juga telah memperoleh komitmen dari perbankan," tutur Dyah.

Dyah optimistis, lewat skema pendanaan dari PT ILB ini, PT Jasa Sarana Grup selanjutnya berencana turut serta dalam pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

"Ini sebagai upaya mempercepat pembangunan Jalan Tol Cisumdawu yang sudah sangat dibutuhkan," imbuhnya.

Direktur Utama PT Metaphora Andalan Utama Budi Prasetyanto menyampaikan terima kasih kepada pemegang saham dan PT ILB selaku investor PLTM Kertamukti. Lewat kerja sama yang dibangun dengan PT ILB tersebut, kontruksi PLTM Kertamukti diharapkan rampung 2020 mendatang.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemegang saham dan PT ILB selaku investor. Kami targetkan, konstruksi (PLTM Kertamukti) selesai pada akhir 2020 nanti," katanya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4169 seconds (0.1#10.140)