Acara Pratemu BEMNUS XII di Bandung Diwarnai Kericuhan, Ini Pemicunya

Kamis, 28 November 2019 - 22:34 WIB
Acara Pratemu BEMNUS XII di Bandung Diwarnai Kericuhan, Ini Pemicunya
Mahasiswa dari beberapa kampus membacakan pernyataan sikap dan mosi tak percaya. Foto/Dok.BEMNUS
A A A
BANDUNG - Acara Pratemu Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara (BEMNUS) XII tahun 2019 di kampus Universitas Islam Bandung (Unisba) diwarnai kericuhan di internal BEMNUS wilayah DKI Jakarta.

Dari 22 kampus yang tergabung dalam BEM Nusantara DKI Jakarta, 16 di antaranya memberikan pernyataan sikap mosi tidak percaya terhadap Koordinator Daerah (Korda) BEM Nusantara wilayah DKI Jakarta Dino Ardiansyah yang merupakan mahasiswa Trisakti.

Kericuan terjadi pada tahap sesi konsolidasi antardaerah. Diawali dengan perdebatan sengit berujung keributan antarmahasiswa yang berkaitan dengan pelaksanaan program BEM Nusantara wilayah Jakarta. Mosi tidak percaya dilayangkan karena Dino dianggap tidak bisa mengakomodir anggota BEM Nusantara di wilayah Jakarta.

"Kami peserta perwakilan kampus BEM Nusantara wilayah DKI Jakarta tidak lagi menunjuk Dino. Karena selama kepemimpinanya seluruh program BEM Nusantara wilayah DKI Jakarta tidak berjalan dan Dino dinilai tidak dapat mengakomodir seluruh aspirasi anggota BEM Nusantara yang berada di wilayah DKI Jakarta," kata Presiden Mahasiswa Universitas Az Zahra Jakarta Novan Ermawan, Kamis (28/11/2019).

Mereka juga menuntut Dino mundur dari jabatannya sebagai kordinator BEM Nusantara wilayah DKI Jakarta. Bahkan mereka juga memberikan keputusan bersama tersebut melalui forum seluruh daerah BEM Nusantara. Karena, persoalan tersebut tidak dapat diselesaikan oleh Kordinator Wilayah Jawa dan Kordinator Pusat BEM Nusantara.

"Kami juga membuat pernyataan sikap hasil musyawarah mufakat dengan hasil menyepakati memilih Dimas Prayoga dari Kampus Unusiasebagai Korda Jakarta untuk menggantikan Dino," ujar Novan.

Dengan pernyataan sikap dan hasil musyawarah mufakat tersebut, BEM Nusantara wilayah Jakarta telah menetapkan Dino tidak lagi menjabat sebagai koordinator daerah. Posisi Dino digantikan oleh Dimas.

Sementara itu, Dimas mengatakan pengangkatannya sebagai Koorda BEM Nusantara BEMNUS DKI Jakarta merupakan aspirasi dari 16 BEM Nusantara di wilayah Jakarta.

"Ini permintaan kawan-kawan dari 16 BEM di DKI Jakarta. Mereka bersepakat untuk mengangkat saya menjadi Koodinator Daerah BEMNUS DKI Jakarta," kata Dimas.

Terkait soal mosi tidak percaya terhadap Dino, dia menilai memang sudah seharusnya Dino tidak menjabat lagi. Pasalnya Dino sudah dianggap gagal untuk menjadi Korda BEMNUS wilayah DKI Jakarta.

"Karena saya pikir kalau memang sahabat Dino dari Trisakti sudah tidak lagi mampu mengawal dan mengayomi kawan-kawan BEMNUS di DKI Jakarta, lebih baik diserahkan saja kepada kawan-kawan yang lebih siap untuk menjadi Koodinator Daerah BEMNUS DKI Jakarta," tandas Dimas.

Sekadar untuk diketahui, kegiatan Pratemu BEMNUS XII tersebut mengusung tema ”Refleksi Kebangsaan Demi Mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Acara ini berlangsung di kampus Unisba, Jalan Tamansari, Kota Bandung, selama tiga hari, 26 sampai 28 November 2019.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8738 seconds (0.1#10.140)