Mulai Tahun Depan Siswa SMAN Sederajat di Jabar Gratis SPP

Kamis, 28 November 2019 - 17:37 WIB
Mulai Tahun Depan Siswa SMAN Sederajat di Jabar Gratis SPP
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/SINDONews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Kabar gembira bagi seluruh siswa SMA Negeri Sederajat di Provinsi Jawa Barat. Mulai tahun depan, Pemprov Jabar bakal menggratiskan biaya Iuran Bulanan Peserta Didik (IPDB).

Kebijakan menggratiskan IPDB yang dulunya dikenal dengan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) tersebut dipastikan mulai diterapkan bagi siswa SMA/SMK/SLB Negeri mulai tahun ajaran baru Juli 2020 mendatang.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, kebijakan tersebut sudah tercantum dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jabar Tahun 2020 dan sudah disetujui oleh DPRD Jabar.

"Alhamdulillah RAPBD sudah diketok palu, tinggal dievaluasi Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Berita besarnya, alhamdulillah bisa dimulai SPP gratis untuk SMA sederajat," tegas Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (28/11/2019).

Menurut Gubernur yang akrab disapa Emil itu, untuk merealisasikan kebijakan tersebut, pihaknya mengalokasikan anggaran hingga Rp1,4 triliun. Anggaran tersebut diperoleh dari penghematan sejumlah pos anggaran, di antaranya pos anggaran bantuan sosial (bansos) dan hibah.

"Semua (pos) diefisiensikan, yang paling besar mengencangkan ikat pinggang di hibah bansos. SPj perjalanan dinas sampai Rp150 miliar kami kurangi untuk PNS, supaya keberpihakan layanan dasar di Jabar bisa hadir," ujar Emil.

Emil juga mengatakan, kebijakan IPDB gratis tersebut tidak hanya berlaku bagi siswa SMA/SMK/SLB Negeri, melainkan juga bagi siswa SMA/SMK/SLB swasta yang tergolong tidak mampu. Sementara untuk Madrasah Aliyah (MA), Pemprov Jabar pun memberikan bantuan IPDB yang disalurkan melalui Kementerian Agama (Kemenag).

"Untuk siswa tidak mampu dan tidak lolos PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) swasta ada bantuan juga membuat mereka bisa terbantu di sekolah swasta. Untuk MA, bantuannya sama rapi, disalurkan lewat Kemenag," pungkas Gubernur.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7679 seconds (0.1#10.140)