Stadion GBLA Belum Diserahterimakan, Pemkot Bandung Tak Bisa Kelola Penuh

Kamis, 28 November 2019 - 17:31 WIB
Stadion GBLA Belum Diserahterimakan, Pemkot Bandung Tak Bisa Kelola Penuh
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung. Foto/SINDO/Dok
A A A
BANDUNG - Masalah pengelolaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api sampai saat ini belum tuntas. Pihak kontraktor belum menyerahkan stadion tersebut ke Pemkot Bandung.

Akibatnya, Pemkot Bandung belum bisa sepenuhnya mengelola stadion GBLA di kawasan Gedebage itu pada November 2019 ini seperti pernah diklaim oleh Wakil Wali Kota Bandung Yana. "Dari Adhi Karya belum ada pembayaran dan serah terima," kata Yana, Kamis (28/11/2019).

Yana mengungkap masalah yang merundung stadion berkapasitas 38.000 penonton tersebut adalah, pihak kontraktor merasa bangunan Stadion GBLA telah selesai.

Namun, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendapati temuan ada wanprestasi atau ingkar janji dari pihak kontraktor. "Ada angka yang harus diselesaikan Adhi Karya senilai Rp4,7 miliar," ujar dia.

Menyikapi masalah itu, Yana memastikan Pemkot Bandung akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya. Namun persoalan tak kunjung selesai, lantaran pihak Adhi Karya belum sempat bertemu dengan Pemkot Bandung.

"Mungkin mereka (pihak Adhi karya) sibuk mengurusi proyek-proyek nasional sehingga gak punya waktu untuk ketemu. Pokoknya kami upayakan semaksimal mungkin selesai," tutur Yana.

Untuk penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Yana mengungkapkan, lapangan sepak bola bisa digunakan namun tanpa penonton. Sebab yang bermasalah itu bangunan tribun stadion.

Jika hendak digunakan tanpa penonton, penyelenggara bisa memasang big screen di beberapa sudut stadion. "Kalau di pakai lapangannya bisa. Lapangannya terpelihara baik mangga siapapun mau pakai boleh kan bisa saja disiasati kalau nanti misalkan di luar dipasang big screen," ungkap dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5423 seconds (0.1#10.140)