alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Angkutan Natal dan Tahun Baru, PT KAI Siapkan Ratusan Petugas

Arif Budianto
Jelang Angkutan Natal dan Tahun Baru, PT KAI Siapkan Ratusan Petugas
Foto/Dok SINDO

BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung menyiagakan ratusan petugas untuk menjaga perlintasan dan keamanan pada angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) yang bertepatan datangnya musim hujan.

Deputy Executive Vice President PT KAI Daop II Bandung Hendra Wahyono mengatakan, mengantisipasi datangnya musim hujan yang bertepatan dengan masa Angkutan Nataru 2019/2020, Daop II menyiagakan 55 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra. Tak hanya itu, pihaknya juga mengerjakan 71 penjaga jalan lintas (PJL) ekstra dan 150 petugas posko daerah rawan.

"Khusus untuk petugas posko daerah rawan, tidak ada penambahan karena sudah dijaga secara tetap dengan waktu pengawasan selama 24 jam. Jadi total tenaga ekstra selama masa Angkutan Nataru 2019/2020 adalah 126 petugas khusus untuk pemilik dan penjaga perlintasan," ungkap Hendra, Kamis (28/11/2019).



Menurut dia, Daop II memfokuskan pada 44 lokasi titik rawan longsor, pergerakan tanah, dan banjir. Sehingga, bila terjadi bencana alam, pihaknya bisa secepatnya melakukan penanganan. Karena sebagaimana diketahui, kereta api jalur selatan adalah kawasan berbukit dan dataran rendah. Kontur tanah juga rawan terjadi pergerakan bila curah hujan terlalu tinggi.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan, selain menjaga keselamatan penumpang secara teknis, pihaknya juga memberikan rasa aman bagi pengguna jasa kereta api. Daop II menyiagakan 452 personel keamanan yang terdiri dari 170 personel Polsuska, 274 personel security dan 98 personel bantuan eksternal dari TNI/Polri.

"Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile berpatroli di jalur KA dan objek-objek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta," beber dia.

PT KAI juga menerapkan aturan ketat bagi karyawan untuk memastikan kelancaran Angkutan Nataru. Selama masa Angkutan Nataru 2019/2020 cuti tahunan pegawai KAI ditangguhkan.

Selain itu, Hendra menambahkan bahwa para Komisaris, Direksi, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan Kepolisian pun turun langsung melakukan inspeksi ke sejumlah stasiun pada 10 hingga 12 Desember 2019.

Inspeksi ini dilakukan dengan Kereta Inspeksi untuk mengecek kesiapan pelayanan hingga lintasan kereta api di jalur utara dan selatan Jawa termasuk di wilayah Daop II Bandung.



(zik)