Hatta Rajasa Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari ITB

Senin, 25 November 2019 - 13:20 WIB
Hatta Rajasa Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari ITB
Hatta Rajasa mendapat gelar HC dari ITB. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa meraih gelar doktor honoris causa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) . Hatta menjadi orang ke-13 yang meraih HC dari ITB.

Penganugerahan gelar HC Hatta Rajasa diberikan melalui sidang terbuka di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Senin (25/11/2019). Hadir pada sidang tersebut keluarga Hatta Rajasa serta Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Hadir pula sejumlah menteri Kabinet Gotong Royong, Kabinet Indonesia Bersatu, dan Kabinet Indonesia Bersatu II.

Penganugerahan gelar doktor kehormatan, merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan yang diberikan ITB kepada seorang putra/putri bangsa yang memiliki kontribusi yang luar biasa dalam satu dari empat bidang yang menjadi tolok ukur.

Ketua Tim Promotor Dr. HC Ir. M. Hatta Rajasa, Prof. Dr. B. Kombaitan, M.Sc. , menjelaskan, empat bidang kontribusi yang dinilai telah diberikan Hatta meliputi ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan dan atau kemasyarakatan.

Kedua, kontribusi dalam pengembangan pendidikan dan pengajaran dalam satu atau sekelompok bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan, dan/atau kemasyarakatan. Ketiga, kontribusi dalam kemajuan kemakmuran, dan/atau kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia atau umat manusia.

Keempat, kontribusi dalam pengembangan hubungan baik antara bangsa dan negara Indonesia dengan bangsa dan negara lain di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial budaya, kemanusiaan, dan/atau kemasyarakatan.

"Dengan memperhatikan keempat tolok ukur tersebut, dan didasarkan atas penilaian terhadap rekam jejak dan capaian-capaian dari Ir. M. Hatta Rajasa di bidang kebijakan publik, kami memandang bahwa Ir. M. Hatta Rajasa layak untuk mendapatkan anugerah gelar doktor kehormatan dari Institut Teknologi Bandung," ujar Prof. Kombaitan.

Adapun nama-nama tim promotor Dr. (HC) Ir. M Hatta Rajasa adalah Prof. Dr. B. Kombaitan, M.Sc. (Ketua), Prof. Tommy Firman, M.Sc., Ph.D., Prof. Hermawan Kresno Dipojono, Ph.D., Prof. Freddy Permana Zen, M.Sc, D.Sc., Prof. Ir Doddy Abdassah M.Sc, Ph.D.

Diketahui, Dr. HC Ir. M Hatta Rajasa adalah alumni Teknik Perminyakan ITB Angkatan 73, yang berkiprah dalam bidang pemerintahan dan pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (2001-2004), Menteri Perhubungan (2004 - 2007), Menteri Sekretaris Negara (2007-2009), dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (2009-2014).

Hatta juga pernah bertarung dalam Pilpres 2014. Kala itu, Hatta menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto . Pasangan Prabowo-Hatta kalah dari Joko Widodo-Jusuf Kalla.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.8803 seconds (0.1#10.140)