Generasi Milenial Dinilai Kreatif Kembangkan Kemampuan Bermusik

Senin, 25 November 2019 - 11:34 WIB
Generasi Milenial Dinilai Kreatif Kembangkan Kemampuan Bermusik
Juri saat menjelaskan program Live Audition Road To Pucuk Cool Jam 2020 Make The Journey Louder. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Generasi milenial, khususnya pelajar SMA, dinilai kreatif dalam mengembangkan kemampuan bermusik. Tak hanya menelurkan hal baru, mereka juga dinilai berhasil mengcover lagu sehingga lebih fresh.

Menurut jurnalis musik senior Ryan Kampua, pada rangkaian Live Audition Road To Pucuk Cool Jam 2020 “Make The Journey Louder” pihaknya menyeleksi lebih dari 400 peserta band sekolah. Dari jumlah itu kemudian dikerucutkan menjadi 20 peserta band di setiap wilayah dari tujuh kota.

"Setelah mendengarkan semua materi yang dikirimkan, saya cukup bangga dengan kreativitas anak muda yang mengikuti ajang Pucuk Cool Jam 2020. Kendati masih tergolong pemula, mereka berani dan mampu mengeksplor kemampuan bermusiknya. Tidak hanya sebatas 'layak dan enak didengar' dalam meng-cover lagu-lagu serta ada pula yang piawai dalam memainkan aransemen musik sehingga terdengar lebih fresh," kata dia, Senin (25/11/2019).

Bahkan, kata dia, sejumlah grup band anak sekolah ini pun sudah memainkan lagu sendiri yang levelnya bisa disandingkan dengan kualitas band rekaman. Kreativitas pun cukup bagus, kendati mereka masih setingkat pelajar SMA.

Dia pun merasa takjub karena semua peserta terutama di daerah di luar Jabotadebek sudah memainkan musik yang sangat beragam dan tidak terpaku pada musik-musik yang sedang trend saja.

"Tidak hanya musik yang sedang digemari seperti pop dan rock, dari 400-an peserta ini ada juga yang memainkan genre ska hingga heavy metal dan bahkan terdapat beberapa grup yang berani menghadirkan lagu daerah yang diaransemen secara kekinian," ujar Ryan Kampua.

Sementara itu, khusus wilayah Bandung, sebanyak 20 peserta terpilih kategori band dan peserta kategori ekstrakurikuler tampil langsung di hadapan juri kategori band Awan Yudha di Ciwalk.

Brand Manager Teh Pucuk Harum Yustina Amelia mengaku, Pucuk Cool jam 2020 salah satu ajang seni dan kreativitas bagi generasi muda Indonesia yang memiliki minat dan bakat di bidang seni. Hal ini merupakan komitmen kami untuk terus mendukung dan mewujudkan generasi muda Indonesia yang kreatif, dinamis, berani dan berprestasi melalui gelaran Pucuk Cool Jam 2020

"Berbeda dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini setiap tahapan melibatkan para juri yang berkompeten baik dari musisi maupun dari institusi yang memiliki kredibilitas di bidang seni untuk mendapatkan pemenang Pucuk Cool Jam 2020 yang berkualitas," beber dia.

Peserta yang berhasil lolos seleksi digital audition dari 7 (tujuh) wilayah yaitu Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Samarinda, Makassar dan Palembang akan memasuki tahap selanjutnya yaitu live performance audition Road to Pucuk Cool Jam 2020.

Proses penjurian di tahap live performance audition di Road to Pucuk Cool Jam 2020 akan melibatkan sejumlah Music Director dari berbagai radio ternama nasional maupun lokal dari tujuh kota gelaran Road to Pucuk Cool Jam 2020 untuk menyaring peserta yang kemudian akan berlaga di tahap final Pucuk Cool Jam 2020.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8803 seconds (0.1#10.140)