alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Diganjal Barito Putera, Persib Gagal ke 5 Besar

Shalahuddin
Diganjal Barito Putera, Persib Gagal ke 5 Besar
Persib Bandung gagal meraup poin sempurna setelah ditahan Barito Putera pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (24/11/2019)/Foto/Twitter/PERSIB(@persib)

BANDUNG - Persib Bandung gagal meraup poin sempurna setelah ditahan Barito Putera 0-0 pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (24/11/2019). Maung Bandung frustrasi dengan ketatnya pertahanan tim tamu meski menguasai bola dan menciptakan sejumlah peluang.

Pasukan Robert Alberts harus puas dengan satu angka. Maung Bandung gagal melompat ke lima besar dan tertahan di peringkat 7 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 41 angka, hasil 10 kemenangan, 11 imbang, dan tujuh kali tumbang. Sedangkan Barito Putera di peringkat 14 dengan 31 poin.

Hasil ini juga menunjukkan Persib tak mampu meraih kemenangan dalam dua pertamuan Liga 1 musim ini. Pada pertemuan pertama di markas Barito, Persib kalah 0-1 lewat aksi Ady Setiawan yang menjebol gawang I Made Wirawan jelang laga bubar.



Bagi pelatih Barito Putera, Djadjang Nurdjaman, hasil ini juga menegaskan dirinya superior atas Persib. Sebelum ini, pada kompetisi tertinggi Djadjang tiga kali bertemu Persib, dan hanya sekali kalah saat menangani PSMS (2018), dan dua kali menang ketika menangani Persebaya (2018 dan 2019). Dengan demikian, rekor pria asal Majalengka tersebut atas mantan klub binaannya menjadi dua menang, satu imbang, dan satu tumbang.

Sejatinya Persib mengontrol jalannya pertandingan melawan Barito Putera. Namun, ketatnya pertahanan membuat Maung Bandung kerap kesulitan mencapai gawang lawan. Catatan laman resmi Persib, sedikitnya ada tiga upaya lewat sepak pojok didapatkan Persib di enam menit awal pertandingan. Namun, umpan Kevin van Kippersluis dan Febri Hariyadi belum menemui sasaran.

Pada menit ke-12, Maung Bandung membuka peluang lewat tendangan bebas jarak dekat Febri. Namun, umpan Febri gagal disambar pemain depan Maung Bandung.

Peluang Persib juga tercatat di menit 32, saat umpan silang Kippersluis ke Frets Butuan di jantung pertahanan Barito Putera. Namun, keburu dihalau bek tim tamu. Sedangkan pada menit 41, sundulan Febri melambung di atas mistar gawang Adhitya Harlan.

Memasuki babak kedua, Barito coba menyerang. Pada menitke-49, sambaran Rizki Pora berhasil diselamatkan Made.

Persib pun membalas, lewat Nick Kuipers di menit ke-64, namun sundulannya dari umpan set piece Kevin, masih melebar. Sedangkan tendangan bebas Febri menit ke-58 berhasil diamankan kiper Barito. Tak ada gol tercipta hingga wasit Hamim Tohari meniup peluit tanda laga usai.



(abs)