alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Didaulat Jadi Ketum Asdewi, Syaiful Huda Ingin Desa Wisata Lebih Inovatif

Agung Bakti Sarasa
Didaulat Jadi Ketum Asdewi, Syaiful Huda Ingin Desa Wisata Lebih Inovatif
Ketua Komisi Syaiful Huda saat didaulat menjadi Ketum Asdewi di Provinsi Bali, Minggu (24/11/2019). Foto/Dok.Asdewi

BANDUNG - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda didaulat menjadi Ketua Umum Asosiasi Sinergi Desa Wisata Indonesia (Asdewi) oleh pegiat desa wisata se-Indonesia dalam kegiatan Pelatihan Pegiat Desa Wisata yang digelar di Provinsi Bali, Minggu (24/11/2019).

Dalam kesempatan itu, Huda mengajak para pegiat desa wisata untuk memperkuat entitas desa lewat inovasi desa yang berdikari secara ekonomi tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya desa yang baik.

"Kita saat ini dihadapkan dalam ruang yang begitu cepat. Oleh karenanya, kita dituntut selalu berakselerasi dengan inovasi-inovasi baru tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya. Saya juga ucapan terima kasih atas amanahnya (menjadi Ketum Dewi)," tutur Huda dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Minggu (24/11/2019).



Huda yang juga Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat itu melanjutkan, selama ini, desa seringkali diidentikan dengan sesuatu yang ketinggalan zaman, tidak modern, dan sikap seseorang yang kurang menarik di masyarakat.

"Itu semua harus dibantah dengan karya nyata," tegasnya.

Huda juga menegaskan, tanpa keberadaan desa yang produktif, kota akan menggantungkan pemenuhan kebutuhannya pada impor. Akibatnya, kebutuhan impor akan membesar.

"Akibat dari kebutuhan impor yang bisa saja membengkak tersebut, negara bisa kebobolan dan tidak memiliki kekuasaan dalam sektor pasar karena ketergantungan," jelas Huda.

Olah karena itu, lanjut Huda, dalam momentum Pelatihan Pegiat Desa Wisata ini, dia mengajak semua pihak untuk mengabdi secara sungguh-sungguh menuju Desa Membangun Indonesia.

"Mari kita kita bangun Indonesia mulai dari desa. Utamanya, kami ingin desa wista ini bersinergi dengan wisata yang dikelola oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," ajaknya.

Sementara itu, pegiat desa wisata Provinsi Bali yang juga peserta pelatihan, I Kadek Suardika mengaku bangga dan berterima kasih atas kesediaan Syaiful Huda yang berkenan menjadi Ketum Asdewi.

Dia pun menjelaskan alasan didaulatnya Syaiful Huda sebagai Ketum Asdewi. Selain menjabat sebagai Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi sektor pariwisata, kata I Kadek Suardika, Syaiful Huda pun pernah menjabat sebagai Staf Khusus di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa dan PDTT).

"Kami yakin, Pak Huda bisa menyinergikan wisata yang dikelola dengan kementerian wisata dan desa, utamanya bisa membawa desa wisata menjadi penopang wisata nasional, seperti Danau Toba, Bali, dan Mandalika," paparnya.

Selain 250 peserta dan perwakilan dari seluruh provinsi se-Indonesia, kegiatan Pelatihan Pegiat Desa Wisata juga dihadiri Deputi Bidang Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Ni Wayan Giri Adnyani serta Sekretaris Balilatfo Kementerian Desa dan PDTT, Ajang Abdullah serta perwakilan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali.



(abs)