alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ingin Jadi Kekuatan Disegani, Indonesia Modernisasi Persenjataan

Adam Prawira
Ingin Jadi Kekuatan Disegani, Indonesia Modernisasi Persenjataan
Tank buatan PT Pindad. Foto/SINDOnews/Dok/Ilustrasi

JAKARTA - Pemerintah Indonesia bertekad akan memperkuat sistem pertahanan. Untuk mewujudkan itu, Indonesia memodernisasi sistem persenjataan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tekadnya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki kekuatan pertahanan yang disegani.

"Indonesia harus menjadi sebuah kekuatan regional yang disegani. Salah satunya ya dengan memperkuat alat utama sistem persenjataan, yang modern, sekaligus memperkuat industri pertahanan di dalam negeri," tulis Jokowi melalui akun Twitter pribadinya, @jokowi, Jumat 22 November 2019.



Tidak hanya alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang canggih, mantan Wali Kota Solo itu juga mengajak untuk mengadalkan industri pertahanan. "Kalau pun harus impor, jangan beli alutsista yang teknologinya sudah usang," lanjut Jokowi.

Indonesia harus menjadi sebuah kekuatan regional yang disegani. Salah satunya ya dengan memperkuat alat utama sistem persenjataan, yang modern, sekaligus memperkuat industri pertahanan di dalam negeri.

Kalau pun harus impor, jangan beli alutsista yang teknologinya sudah usang. pic.twitter.com/LuB4uuaSpJ

— Joko Widodo (@jokowi) November 22, 2019

Sebelumnya saat rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin, Jokowi meminta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto agar tidak berorientasi proyek saat pengadaan alutsista.

Dia juga mengingatkan agar pengadaan alutsista bukan berbasi penyerapan anggaran semata

"Jangan lagi orientasinya adalah penyerapan anggaran, mampu membelanjakan anggaran sebanyak banyaknya. Apalagi orientasinya sekadar proyek. Sudah stop yang seperti itu,” kata Jokowi saat itu.



(awd)