Kejurnas Tarung Derajat Digelar di GOR Pajajaran

Kamis, 21 November 2019 - 16:50 WIB
Kejurnas Tarung Derajat Digelar di GOR Pajajaran
Tarung Derajat menggelar Kejuaraan Nasional Tahun 2019 dan Babak Kualifikasi (BK) PON XX mulai 21-24 November 2019 di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Tarung Derajat menggelar Kejuaraan Nasional Tahun 2019 dan Babak Kualifikasi (BK) PON XX mulai 21-24 November 2019 di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung. Ratusan peserta dari 22 Pengurus Provinsi (Pengprov) ikut pada kejuaraan ini.

Dari 22 pengprov yang ikut serta, sebanyak 172 peserta putra dan 72 putri tercatat bakal mengikuti dua kualifikasi Tarung Derajat. Pertama yaitu Tarung Derajat seni gerak diikuti 84 atlet dari 14 pengprov. Mereka akan mengikuti empat kelas. Kedua, kualifikasi tarung untuk putra ada sembilan kelas dan putri lima kelas.

"Tahun ini ada Pengprov baru yang ikut, yaitu dari Sulawesi Tenggara. Mereka sudah lama mengharapkan bisa ikut, namun karena keterbatasan pelatih, baru tahun ini bisa ikut serta," kata Sang Guru Muda Tarung Derajat, Badai Meganagara Derajat.

Sementara, Kalimantan Tengah dan Maluku tahun ini tercatat absen dari Kejurnas Tarung Derajat. Hal itu disebabkan belum memenuhi kuota. Sehingga. belum bisa mengikutil Kejurnas dan Bababk Kualifikasi PON.

Badai berharap, semua daerah melakukan persiapan sebaik mungkin pada Kejurnas 2019 ini, sehingga bisa menunjukkan hasil terbaik pada semua kelas yang dipertandingkan. Pihaknya pun berharap zero accident.

Kejurnas ini, kata dia, juga titik awal Babak Kualifikasi PON XX Tarung Derajat. Diketahui, PON XX akan digelar di Papua, tahun depan. Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan atlet sebaik mungkin dari setiap provinsi. Termasuk terus memantau atlet tuan rumah.

"Mereka (Pengprov Papua) sudah sangat antusias mempersiapkan diri. Bahkan, mereka akan berlatih di Kawah Derajat. Kami sangat hargai usaha mereka. Harapan kami mereka bisa menjadi kebanggaan masyarakat Papua dari Tarung Derajat,"

Pihaknya juga tengah mempersiapkan atlet dari semua provinsi. Pada April akan digelar pelatihan tingkat nasional untuk menghadapi PON. Para pelatih akan digembleng selama empat hari mengenai teknik dan jurus. Dia berharap, PON XX akan meningkatkan silaturahmi dan persatuan Indonesia.

Sementara itu, Sekjen KONI Pusat Ade Lukman mengatakan, saat ini SK penyelengaraan PON 2020 di Papua telah diterbitkan. Diputuskan terdapat 37 cabang olahraga, salah satunya Tarung Derajat. "Tarung Derajat ini akan terus dipertandingkan di PON. Karena sesuai aturan organisasi PON, cabang olahraga prioritas adalah cabang olahraga asli Indonesia. Itu sudah jelas (Tarung Derajat) cabang olahraga asli Indonesia," tegas dia.

Pihaknya juga tengah memperjuangkan agar olahraga ini dipertandingkan di tingkat internasional. Pada 2010, Tarung Derajat menjadi cabor ekshibisi SEA Games. Artinya, tinggal beberapa langkah lagi menjadi cabor resmi yang dipertandingan pada event olahraga di tingkat internasional.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4676 seconds (0.1#10.140)