alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polres Cimahi Antisipasi Ketidakpuasan Calon dan Praktik Perjudian

Adi Haryanto
Polres Cimahi Antisipasi Ketidakpuasan Calon dan Praktik Perjudian
Anggota Polres Cimahi saat gelar pasukan beberapa waktu lalu. Kepolisian mengantisipasi ketidakpuasan dari pendukung yang kalah terhadap hasil Pilkades Serentak 2019 di 112 desa di KBB. Foto/Dok.SINDOnews

CIMAHI - Polres Cimahi akan menyiagakan personel di sepanjang jalur menuju tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak 2019 di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pasalnya potensi konflik dan ketidakpuasan dari massa calon pendukung yang kalah sangat mungkin terjadi, sehingga akan dilakukan antisipasi sejak dini. "Kalau potensi kerawanan selalu ada. Makanya kami petakan kondisinya di lapangan, untuk kemudian ada petugas yang mengawal di jalur pemilihan," tutur Kabag Ops Polres Cimahi, Kompol Wiharyatmo, Senin (18/11/2019).

Dia mengatakan, pengamanan nanti akan melibatkan Bhabinkamtibmas, yang berada di bawah koordinasi kapolsek. Di tiap polsek juga disiagakan satu peleton Brimob dan Sabhara dari Polda Jabar. Rencananya pelaksanaan Pilkades Serentak 2019 di KBB akan dilaksanakan pekan depan, Minggu 24 November, yang akan digelar di 112 desa dari total 165 desa di KBB.



Terkait peta kerawanan, pihaknya telah memetakan titik kerawanan. Berdasarkan deteksi intelijen, daerah Padalarang dan Cipatat cukup rawan. Meskipun di daerah lain juga ada potensi jika dilihat dari tingkat kriminalitas dan jarak tempuh dari TPS ke desa. Pihaknya juga memprediksi adanya kemungkinan ketidakpuasan pendukung terhadap calonnya yang kalah, pengrusakan alat peraga dan antisipasi perjudian.

"Segala kemungkinan harus kami antisipasi dan sekecil apapun informasi akan ditindaklanjuti. Walaupun penanganan kerawanan pilkades ini berbeda dengan unjuk rasa," imbuhnya.

Terpisah Kapolsek Cisarua Kompol Ikhwan Heriyanto mengatakan, di hari pertama masa kampanye pilkades di 11 desa yang masuk wilayah hukum Polsek Cisarua, semua berjalan aman. Ke-11 desa itu berada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Cisarua dan Parongpong.

Masing-masing Desa Pasirhalang, Jambudipa, Kertawangi, Pasirlangu, dan Desa Sadangmekar, Kecamatan Cisarua. Sementara di Kecamatan Parongpong ada enam desa yaitu Desa Cihanjuang Rahayu, Sariwangi, Ciwaruga, Cigugur, Karya Wangi, dan Desa Cihideung.

"Alhamdulilah di hari pertama kampanye semua beralan lancar, semoga sampai berakhirnya pilkades tidak ada muncul persoalan. Untuk pengamanan karena keterbatasan personel, nanti kami tempatkan satu desa tiga personel. Sedangkan pada hari H akan ada back up pasukan dari Polda Jabar dan Polres Cimahi," ucapnya.



(awd)