alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tak Ingin Dianggap 'Angin Lalu', Bawaslu Ciamis Gandeng Media Massa

Jani Noor
Tak Ingin Dianggap Angin Lalu, Bawaslu Ciamis Gandeng Media Massa
Bawaslu Ciamis menjalin komunikasi dengan media lokal dan nasional dalam media gathering di Hotel Tyara, Jalan Jenderal Sudirman, Ciamis, Minggu (16/11/2019). Foto/SINDOnews/Jani Noor

CIAMIS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan media gathering di Hotel Tyara, Jalan Jenderal Sudirman, Ciamis, Minggu (16/11/2019).

Media gathering yang diikuti sejumlah perwakilan media lokal dan nasional itu bertujuan untuk menyamakan pandangan terkait tugas dan fungsi Bawaslu serta media massa dalam pengawasan pemilu.

Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Ciamis, Jajang Miftahudin menyatakan, kerja sama Bawaslu dan media massa merupakan suatu keharusan. Pasalnya, hingga kini, masih ada anggapan Bawaslu hanyalah 'angin lalu'. Sehingga, dukungan media massa sangat dibutuhkan.



"Maka kami mengundang rekan jurnalis semua, agar angin itu tak dianggap lewat. Tapi angin itu memang ada, menebak kepemiluan kita," kata Jajang.

Menurut Jajang, media merupakan pilar demokrasi, sementara Bawaslu sebatas penyelanggara proses demokrasi itu sendiri, dalam hal ini kepemiluan.

Untuk itu, hubungan baik dalam konteks kemitraan strategis sangat diperlukan Bawaslu karena segala informasi ditentukan oleh media massa.

"Hal yang baik tidak akan sampai ke publik kalau tidak disampaikan media. Adapun hal buruk kami anggap koreksi kepada kami agar kami lebih baik lagi," ujarnya.

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Barat Lolly Suhenty yang hadir dalam media gathering mengatakan, inti sinergitas antara Bawaslu dan media massa, yakni  sama-sama mengawal demokrasi.

Bawaslu, kata Lolly, akan terus berkomitmen meningkatkan pengawasannya, begitupun media massa sebagai pilar utama demokrasi.

"Ada peran sama antara kita (Bawaslu dan media massa), sama-sama memiliki wewenang fungsi kontrol atau pengawasan. Keduanya saling bersinergi demi terwujudnya kualitas tinggi demokrasi," tuturnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Ciamis, Syamsul Maarif menyebutkan, Bawaslu Ciamis telah dinobatkan sebagai salah satu Bawaslu terbaik di Indonesia dalam penanganan pelanggaran administrasi di Pilkada Ciamis 2018 lalu.

Menurut dia, predikat yang diperoleh dalam Bawaslu Award 2019 itu tak lepas dari peran media massa menyusul gencarnya pemberitaan terkait penindakan maupun pencegahan yang dilakukan Bawaslu Ciamis di Pilkada Ciamis 2018.

"Maka jangan sungkan kalau ke Bawaslu Ciamis, begitupun kami pasti memberitahu segala kegiatan kami ke media," kata Syamsul.



(abs)