Satgas Citarum Harum Sektor 9 dan Masyarakat Bersihkan Situ Ciburuy

Minggu, 17 November 2019 - 22:18 WIB
Satgas Citarum Harum Sektor 9 dan Masyarakat Bersihkan Situ Ciburuy
Masyarakat bersama Satgas Citarum Harum Sektor 9 Sub 3 kerja bakti membersihkan sempadan Situ Ciburuy. Foto/Pendam Siliwangi
A A A
BANDUNG BARAT - Satgas Citarum Sektor 9 Sub 3 bersama Forum Masyarakat Cinta Ciburuy (Formacib), ecovillage Laskar Mentari, GM FKPPI Padalarang, Linkom KBB, Club' Dayung Tree Generations, dan Nalactakmembersihkan sempadan Situ Ciburuy, Jalan Sadang, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (17/11/2019).

Tampak hadir pula dalam kegiatan kerja bakti bertema Selamatkan Lingkungan Hidup (Selingkuh) itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidupan dan Kehutanan (LHK) Bandung Barat Apung.

Peserta membersihkan sempadan Situ Ciburuy dari sampah, dimulai dari pos pantau paniisan sampai lapang voli yang meliputi sembilan RT dalam wilayah RW 15, 16, dan 17.

Dansub 3 Padalarang Pelda Aris Susanto mengatakan, kegiatan pembersihan Situ Ciburuy ini, merupakan karya bakti yang telah digelar beberapa oleh Satgas Citarum dan Formacib untuk mendukung program Citarum Harum serta memelihara danau yang menjadi kebanggaan Jawa Barat ini.

"Ratusan karung sampah berhasil diangkat dalam karya bakti tersebut, untuk selanjutnya diangkut oleh truk sampah dari Dinas LHK Kab. Bandung Barat untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah," kata Aris mewakili Dansektor 9 Kolonel TNI (Inf) Amir Mahmud.

Sesuai tugas dan arahan dari Dansektor 9 Kolonel Inf Amir Mahmud, ujar Aris, keberadaan Satgas Citarum Harum Sektor 9 adalah untuk mengembalikan ekologi Sungai Citarum. Jadi Sektor 9 menyatakan perang terhadap berbagai macam limbah.

"Karya bakti ini bertujuan untuk terus menjalin kebersamaan dengan rakyat. Kita gunakan program Citarum Harum selain untuk membenahi Sungai Citarum dan anak sungainya, juga memperkuat soliditas kemanunggalan TNI dan rakyat," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Formacib Agus Solihin mengatakan, kerja sama antara Formacib dengan Satgas Citarum Harum Sektor 9 telah dilakukan sejak 2018.

"Sudah banyak kerja sama yang kami lakukan. Saya berharap ke depan hubungan kerja sama ini akan lebih erat lagi. Salah satunya menjadikan Situ Ciburuy ini sebagai salah satu destinasi wisata unggulan yang bersih, nyaman, dan bebas dari limbah berbahaya," kata Agus.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6198 seconds (0.1#10.140)